Tim Penjamin Kualitas Hadir, Kawal SPIP Yang Lebih Baik

Semarang (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad menerima Tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI, Agus Susanto yang hadir untuk melaksanakan pengawasan dan pendampingan terkait  Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Ruang Rapat Lt. 1, Kamis (28/10/2021).

Kakanwil mendukung SPIP ini sepenuhnya yang juga sebagai upaya untuk mewujudkan pembangunan Zona Integritas dan berpesan kepada Tim Inspektorat Jenderal untuk mengawal Kanwil Kemenag Prov. Jateng berproses integrasi pada tindakan dan kegiatan dalam mencapai tujuan organisasi sesuai ketentuan.

“Mohon bimbingan dan pendampingan dari Tim, supaya proses kami mencapai tujuan organisasi ini sesuai tracknya, tolong segera ingatkan jika ada indikator-indikator yang keluar dari relnya,” ungkap Kakanwil.

Kakanwil juga menyampaikan SPIP ini sejalan dengan apa yang sedang dilakukan Kanwil Kemenag Prov. Jateng dan 15 Satker Kemenag di Jawa Tengah yang sedang berlangsung dan akan menghadapi penilaian Evaluasi Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang akan dilaksanakan oleh Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB).

“Beban sekaligus salah satu kehormatan, Kanwil Kemenag Prov. Jateng besok akan menghadapi penilaian Evaluasi Zona Integritas oleh Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB),” imbuhnya.

Sementara Ketua Tim, Agus menyampaikan tujuan SPIP. Ia mengungkapkan sebagai Tim Penjamin Kualitas sistem pengendalian intern yang akan mengawal proses integrasi pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus baik oleh pimpinan maupun seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Penyelenggaraan SPIP di lingkungan Kementerian Agama ini bertujuan untuk mengendalikan dan mendorong para pimpinan unit kerja mandiri dan Unit Pelaksana Teknis dalam melaksanakan tugas, fungsinya dan kewenangannya secara efektif, efisien sehingga tercapai tujuan organisasi,” ungkap Agus. 

“Mudah-mudahan kerja Tim dalam beberapa hari ini membawa perubahan dan kebaikan untuk Kanwil sehingga dapat menampilkan SPIP yang lebih baik,” pungkasnya.

Hadir dalam acara Kabag TU, Fajar Adhy Nugroho, Kasubbag Ortala dan KUB, Nurkholis,  Sub Koordinator pada Sub Bagian Perencanan Data dan Informasi, Ahmad Faridi beserta para JFU dan JFT pada Bagian Tata Usaha.

Bukan hanya penilaian yang menjadi target tapi yang penting adalah perubahanya. (qq)