Timba Ilmu, KKM MTs Kodya Pekalongan Kunjungan ke MTsN Pemalang

Pemalang – Kepala MTs Negeri Pemalang menerima Ketua KKM MTs Kodya Pekalongan dan rombongan guru PAI dan Bahasa Arab pada 10 MTs di Kota Pekalongan, Senin (11/09). Selain Kepala, kedatangan rombongan disambut oleh Ketua Pokjawas Kankemenag Kabupaten Pemalang selaku Pengawas MTsN, Wakil Kepala serta para guru mata pelajaran Pendidikan Agama dan Bahasa Arab di MTsN Pemalang.

Bertempat di ruang sekretariat MTsN, acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua KKM MTs Masrur Kaukab. Dalam sambutannya ia menyampaikan terimakasih kepada Kepala MTsN yang telah menerimanya beserta rombongan.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Kepala MTsN Pemalang beserta jajarannya yang telah menerima kedatangan kami untuk menimba ilmu pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Semoga bisa dipraktekkan di madrasah masing-masing dan disebarkan ke madrasah yang lain, sehingga seluruh MTs di Kota Pekalongan bisa mengimplementasikan kuritilas dengan baik,” terang Masrur.

Menimpali Masrur, Kepala MTsN Mimbar turut mengucapkan selamat datang dan mengajak untuk belajar bersama. “Kegiatan kali ini kita manfaatkan untuk belajar bersama, karena MTsN Pemalang bagaikan sumur yang dalam airnya, jadi masih banyak kekurangan,” ujar Mimbar.

Dia memaparkan, di MTsN Pemalang ada 33 rombongan belajar ditambah kelas jauh di MTsN Filial Pulosari. Secara keseluruhan, jumlah siswanya 1438 anak dan jumlah guru 91 orang.

“Pada tahun Pelajaran 2017/2018, MTsN Pemalang membuka empat kelas unggulan, yaitu kelas unggulan Agama yang para siswanya tinggal di asrama (boarding school), unggulan Sains, unggulan Bahasa, dan unggulan Olahraga yang sudah bekerjasama dengan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani),” jelasnya.

Selanjutnya Ketua Pokjawas, Sobirin dalam sambutannya menyampaikan bahwa proses pembelajaran adalah kunci perubahan, jika di kelas ada perubahan, maka akan ada perubahan dalam pembelajaran. Karenanya ia menyambut baik kegiatan ini semoga bisa dipetik manfaatnya.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan pembelajaran di kelas. Selesai kunjungan pembelajaran, para tamu yang terdiri dari guru Aqidah-ahlak, Qur’an Hadits, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab mengadakan tanya-jawab maupun sharing di ruang sekretariat. Kegiatan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan oleh Ketua KKM kepada Kepala MTsN Pemalang. (izin/fi/rf)