Tingkatkan Komitmen Dan Disiplin Pegawai Melalui Apel Pagi

Tegal (Slawi) – Komitmen dan disiplin pegawai merupakan salah satu unsur suksesnya sebuah perusahaan atau instansi. Di MAN Babakan, hal tersebut penting karena landasan awal yang kuat pada aspek komitmen dan disiplin pegawai akan memudahkan didalam penanaman visi dan misi MAN Babakan. MAN Babakan menempatkan komitmen dan disiplin pegawai menjadi bagian penting dalam pembentukan karakter pegawai.

Untuk mengimplementasikan komitmen dan disiplin pegawai tersebut, MAN Babakan menerapkan langkah dengan melakukan apel pagi sebulan dua kali yang melibatkan seluruh elemen Staf Tata Usaha yang ada di MAN Babakan mulai dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Petugas Keamanan (Satpam).

Dalam kegiatan apel pagi hari ini, Sabtu (24/02), yang dipimpin langsung oleh Kepala Tata Usaha MAN Babakan, Siti Zuhro, dalam amanatnya beliau mengatakan ,“kedisiplinan tentang kehadiran baik absen masuk maupun absen pulang harus sesuai waktunya tapi apabila bapak/ibu staf  tata usaha ada keperluan silahkan koordinasikan dengan saya sebagai Kepala Tata Usaha,” ungkap Zuhro dan beliau juga mengingatkan tentang kewajiban pengisian Laporan Catatan Kinerja Harian (LCKH) yang nantinya akan direkap pada Laporan Catatan Kinerja Bulanan (LCKB).

Kegiatan ini dirasakan cukup efektif, terbukti adanya peningkatan disiplin pegawai tidak hanya terkait jam masuk dan pulang kerja saja tetapi juga disiplin dalam penyelesaian pekerjaan dan target-target yang menjadi tanggung jawabnya tanpa mengeluhkan jam kerja yang dijalani.

Ternyata apel pagi bukan hanya sekedar berkumpul, berbaris rapi, hormat, laporan dan tata urutan protokoler lain seperti pada umumnya, namun dapat juga digunakan sebagai media positif untuk membangun dan mencapai tujuan visi dan misi MAN Babakan serta untuk menjalin keharmonisan dan kebersamaan dalam hubungan kerja seperti yang telah dilakukan secara rutin dan konsisten oleh MAN Babakan.

Apapun medianya, bagaimanapun caranya, asal diniatkan demi kebaikan niscaya akan ditemukan nilai-nilai kebaikan di dalamnya. (sochud/sol/rf)