Tingkatkan Kualitas PAI Melalui Karya Ilmiah

Surakarta – Dalam rangka mempersiapkan lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI) tahun 2018 Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam ( KKG PAI )Kecamatan Jebres mengadakan pelatihan penulisan karya ilmiah yang di hadiri 50 Guru PAI Kecamatan Jebres Kota Surakarta di aula KKG PAI Komplek Masjid Kepatihan  Kecamatan Jebres, Rabu(5/9).

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kwalitas Pendidikan Agama Islam sekaligus membekali guru – guru PAI dalam meningkatkan kompetensinya khususnya di bidang penulisan karya ilmiah”, kata ketua KKG PAI Kecamatan Jebres, Munawir.

Sejak 2 tahun terakhir ini lomba MAPSI mulai di tingkat kecamatan,kota dan provinsi mengikut sertakan lomba penulisan karya ilmiah bagi siswa SD sebagai salah satu cabang lomba. Oleh karena itu guru-guru PAI harus lebih dahulu menguasai sistematika penulisan karya ilmiah sebelum mengajari anak didiknya di sekolah.

“Kita harus paham dulu tehnik-tehnik penulisan karya ilmiah sebelum melatih siswa-siswi kita di sekolah”, tegas Munawir

Sementara itu Pengawas Pendidikan Agama Islam Kemenag Surakarta Sumiyati hadir pada kegiatan ini dan menyampaikan materi latihan penulisan karya ilmiah. Sumiyati membahas tuntas sistematika dan tehnik-tehnik penulisan karya ilmiah khususnya penulisan karya ilmiah bagi siswa SD.

“Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini semua guru PAI di kecamatan Jebres mampu dan mau melatih penulisan karya ilmiah anak didiknya di sekolah masing-masing untuk dapat mengikuti lomba MAPSI di bidang Karya Ilmiah”, tutur Sumiyati.

Menurut hasil pemantauan Dinas pendidikan Kota Surakarta, lomba MAPSI Tahun 2017 yang lalu khusus cabang lomba karya ilmiah untuk kota Surakarta berhasil meraih juara 1 tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diadakan di Kabupaten Sukoharjo. Namun demikian peserta yang mengikuti lomba penulisan karya ilmiah belum maksimal masih ada dari kecamatan yang belum mengirimkan pesertanya di loba tingkat Kota. Dengan diadakan pelatihan penulisan karya ilmiah ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kwalitas pendidikan Agama Islam khususnya kompetensi di bidang karya ilmiah. (myt-rma/bd)