Tingkatkan Pemahaman dan Penghayatan Agama Islam dengan Pentas PAI

Wonogiri  – Pendidikan Agama Islam di sekolah harus mampu menjawab harapan masyarakat agar siswa mampu meningkatkan keimanan, ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Paling tidak hal itu ditandai dengan meningkatnya pemahaman dan penghayatan peserta didik terhadap ajaran Islam sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu kegiatan yang harapkan mampu meningkatkan pemahaman dan penghayatan agama Islam sekaligus mengembangkan minat bakat peserta didik adalah dengan menyelenggarakan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI).

Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik TK, SD, SMP dan SMA/SMK negeri maupun swasta dalam mengekspresikan dan mengembangkan minat, bakat, potensi,  serta kemampuannya di bidang PAI agar menjadi kompetensi.

Hal tersebut di sampaikan di sampaikan Kakankemenag Wonogiri, H. Subadi ketika memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Kabupaten Wonogiri tahun  2017, Selasa (15/08) di Gedung PGRI Brumbung Wonogiri yang di ikuti peserta didik dari SD/SMP/SMA/SMK  se Kabupaten Wonogiri, turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kab. Wonogiri dan pejabat di lingkungan Kankemenag Wonogiri.

Ka. Kankemenag  Wonogiri mengharapkan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) dapat berperan dalam mempererat ukhuwah Islamiyah dan memberi motivasi pada peserta didik.

“Dengan dikemas dalam bentuk kompetisi Kemenag mengharapkan Pentas PAI dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bergairah mempelajari dan mencintai pelajaran pendidikan Agama Islam. Selain itu juga dapat mempererat ukhuwah Islamiyah, membina persaudaraan dan kesatuan bangsa serta siswa,” imbuh Ka. Kankemenag Wonogiri.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya, Pentas PAI diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat, bakat dan kreativitas di bidang keterampilan dan seni PAI serta menanamkan sikap keberanian, kemandirian dan sportifitas di kalangan peserta didik.

Pentas PAI ini juga dipandang Kemenag mampu membentuk karakter anak bangsa karena tujuan dari pendidikan agama itu sendiri yang dimaksudkan menempa jiwa agar memahami agama dan saling menghargai manusia.

Sedangkan dalam laporannya Kasi PAKIS kankemenag Wonogiri, H. Hidayat Maskur,  menyampaikan bahwa dalam pentas PAI tersebut akan dipertandingkan berbagai macam perlombaan yaitu Lomba Pidato PAI, Hafalan ayat suci Al Quran (MHQ), cerdas cermat dan kaligrafi.

Cabang-cabang lomba ini dimaksudkan untuk lebih memotivasi karena beragamnya potensi peserta didik dalam mata pelajaran PAI, yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan, akhlaq mulia serta mempererat ukhuwah Islamiyah, membina persaudaraan, toleransi beragama dan kesatuan bangsa di kalangan peserta didik,” terangnya. (Mursyid_Heri/Wul)