Persiapan Diklat Pendidkan PAUD Aisyiyah

Tingkatkan Profesionalisme, Guru BA ‘Aisyiyah ikuti Diklat PendidkanPAUD Aisyiyah

Banjarnegara – Sebanyak 3 guru BA ‘Aisyiyah dan 1 Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Majelis Dikdasmen mengikuti kegiatan Diklat Guru PAUD ‘Aisyiyah se-Jawa tengah. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini selenggarakan oleh Pengurus Pusat ‘Aisyiyah yang berlangsung mulai tanggal 22 s.d 27 Juni 2021. Tujuan dari  kegiatan ini adalah meninggkatkan pengetahuan tentang  pendidikan PAUD yang diselenggarakan oleh Aisyiyah di wilayah jawa tengah.

Dalam Kegiatan ini, Dikdasmen ‘Aisyiyah Banjarnegara mengirimkan 3 perwakilan  yaitu Arifatun dari Bustaul Athfal (BA) ‘Aisyiyah Argasoka), Umi Heni dari BA ‘Aisyiyah 1 Bawang dan Siti Mufatun dari BA ‘Aisyiyah Petambakan serta  Barkiyah dari Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Majelis Dikdasmen Banjarnegara. Untuk memudahkan koordinasi antar peserta, kegiatan di pusatkan di BA ‘Aisyiyah 1 Banjarnegara dengan mengunakan alat bantu proyektor ketika melakukan zoom dalam kegiatan diklat tersebut.

Selama 6 hari pelaksanaan diklat, peserta menerima banyak materi yang berkaitan dengan dunia pendidikan di PAUD. Materi tersebut antara lain: ideologi, manajemen penyelenggaraan PAUD Aisyiah, Perkembangan anak, penilaian otentik, kurikulum terintregasi AIK dan penilaian tindakan kelas. Dalam setiap sesi diakhiri dengan tugas mandiri yang harus dikerjakan oleh peserta.

Usai mengikuti pelatihan ini, Djuwariyah selaku ketua Pimpinan Daerah Dikdasmen ‘Aisyiyah Banjarnegara mewajibkan kepada guru yang mengikuti diklat untuk menyebarluaskan kepada guru  ‘Aisyiyah  lain.

“Saya berharap setelah kegiatan ini guru yang mengikuti diklat untuk segera bisa berbagi kepada guru ‘Aisyiyah lainya agar mereka juga mendapatkan tambahan pengetahuan,” ujarnya pada Sabtu (3/7) saat diwawancari.

Arifatun salah satu peserta diklat dari BA Aisyiah Argasoka mengatakan sangat senang dapat mengikuti kegiatan ini karena menambah wawasan tentang pendidikan di tingkat PAUD.

“Alhamdulillah saya sangat senang mengikuti kegiatan ini karena saya lebih lebih paham tentang manajeman penyelenggaraan PAUD  di ‘Aisyiyah,” jelasnya. (ar/ak/rf)