Mengukur Kemampuan Siswa Melalui PAS

Rembang — MTs N 4 Rembang melaksanakan agenda penilaian akhir semester (PAS) semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 sejak Senin (3/12/2018). Tes ini diikuti oleh seluruh siswa baik kelas VII sampai dengan kelas IX.

Sehari sebelum pelaksanaan peserta didik tampak membersihkan kelas masing-masing untuk menyambut PAS. Tiap-tiap peserta didik tampak bergotong royong dan kerja bhakti dalam membersihkan kelas masing-masing dan lingkungan sekitar madrasah.

Tes semester diikuti 18 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 564 siswa yang terdiri dari kelas VIIsebanyak  184 siswa, kelas VIII sebanyak  197 siswa dan kelas IX sebanyak  183 siswa. Tiap peserta didik wajib mengikuti kegiatan tes semester gasal di mana pelaksanaannya dimulai hari Senin sampai Sabtu dengan 15 mata pelajaran yang akan diujikan dan siswa tetap masuk sebelum jam 07.00 WIB

Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengatakan, PAS merupakan salah satu kegiatan evaluasi belajar yang bertujuan untuk mengetahuai pencapaian hasil belajar siswa dan mengetahui seberapa besar daya serap atau penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan selama satu semester.

Masrum berharap pelaksanaan tes semester ini berlangsung dengan terib dan lancar, tanpa kendala yang berarti. Untuk peserta didik ia juga berpesan agar terus rajin belajar dan menjaga kesehatan masing-masing. “Semoga nilai yang didapatkan  nanti hasilnya memuaskan memenuhi ketuntasan belajar,” ucapnya.

Pasca tes semester dilanjutkan dengan agenda remidial dan olah nilai rapor kemudian dilanjutkan dengan pembagian laporan hasil belajar atau rapor kepada orang tua peserta didik. Dalam laporan hasil belajar atau rapor meliputi beberapa aspek nilai yaitu nilai pengetahuan, nilai ketrampilan dan nilai sikap dan spiritual. Untuk MTs N Sumber sendiri sudah menggunakan metode penilaian K-13 berbasis online.—dwi/iq/bd