Tingkatkan Profesionalitas Guru Melalui PPKB Guru Madrasah

Kendal – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika MTs Kabupaten Kendal 3 melaksanakan Pelatihan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) bagi guru msdrasah, Senin (25/10).

Pelatihan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) ini merupakan pengembangan kompetensi yang dilakukan guru sesuai kebutuhan, bertahap dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan profesionalitasnya. Bentuk PPKB meliputu unsur pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif yang diharapkan akan terwujud guru profesional dan memiliki ilmu pengetahuan yang kuat dan kepribadian yang matang dan seimbang.

Berkesempatan membuka kegiatan pelatihan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, H. Mahrus menyampaikan bahwa ada tiga tantangan guru madrasah yang harus dihadapi saat ini. Pertama, mencetak peserta didik untuk menjadi global citizenship. Kedua, mengajarkan kepada seluruh peserta didik tentang plan of prosperity. Sebagai tantangan ketiga, adalah meningkatkan kemampuan literasi.

“Pentingnya pelatihan ini  untuk meminimalisasi gap antara kompetensi jabatan dengan kompetensi riil atas sebuah jabatan menjadi kompetensi ideal. Kami harap pelatihan ini dapt diikuti dengan baik sehingga apa yang menjadi target dan output yang diinginkan dapat tercapai secara optimal,” kata Mahrus.

Selanjutnya Casmito, selaku pengawas madrasah memaparkan tujuan PPKB adalah untuk meningkatkan layanan pendidikan di sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan khususnya adalah memfasilitasi guru untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan, memfasilitasi guru untuk memutakhirkan kompetensi sehingga sesuai dengan tuntutan zaman, memotifasi guru untuk memiliki komitmen dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara profesional dan mengangkat citra, harkat dan martabat profesi guru.

“Diklat ini diharapkan mampu menjadi starting point dalam mengharmonisasi kebijakan sekaligus menggabungkan niat baik dalam pelaksanaan program PPKB antara Direktorat GTK Madrasah dan Pusdiklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan sehingga tercipta energi yang luar biasa dan pada akhirnya terwujud kualitas sumber daya manusia yang kompeten dan profesional,” terang Casmito.

Kegiatan Pelatihan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) bagi guru madrasah MGMP Matematika MTs ini akan berlangsung 25 Oktober – 30 November 2021. (bel/rf)