Tumbuhkan Sikap Disiplin Melalui Sholat Dhuhur Berjamaah

Slawi – Sholat Dhuhur berjamaah merupakan salah satu kegiatan unggulan yang rutin dilaksanakan di Masjid “Darussalam” MTs Negeri Slawi Kab. Tegal. Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 11.50 atau bertepatan dengan istirahat kedua ini diikuti oleh seluruh siswa putra/i, baik kelas VII, VIII, dan IX kecuali siswi putri yang berhalangan.

Dengan didampingi segenap guru dan pegawai, kegiatan tersebut dibagi menjadi 2 tempat, yakni lantai satu untuk siswa putra dan lantai dua untuk siswi putri. Manfaat kegiatan ini selain menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, juga dapat melatih kedisiplinan siswa serta tercipta pribadi yang unggul dan berakhlakul karimah.

“Tujuan utama selain beribadah hanya kepada Allah SWT, tentunya kegiatan ini dapat menumbuhkan karakter siswa supaya disiplin. Jadi dengan berjamaah kita harapkan dapat membentuk karakter siswa MTs Negeri slawi yang berakhlakul karimah, berjiwa baik, sopan santun, beretika, baik terhadap orang tua maupun terhadap guru yang berada di lingkungan madrasah,” demikian disampaikan oleh bapak Sekhudin, selaku koordinator agama selepas sholat Dhuhur berjamaah yang diimami oleh Taupiq Samsuri. Senin (16/10).

Pembiasaan dhuhur berjamaah diharapkan mampu menumbuhkembangkan kesadaran siswa MTs Negeri Slawi. Agar kelak, mereka selain dapat beribadah dengan baik dan benar, juga terbiasa melaksanakan kegiatan tersebut karena kebutuhan rohani.

“Tanpa disuruh, kalau mereka sudah mendengar suara adzan, mereka akan dengan sendirinya melaksanakan sholat berjamaah. Baik itu ketika berada di madrasah maupun di rumah masing-masing,” pungkasnya. (akb/za/rf)