Ujian Nasional Standar Kelulusan Siswa

Kendal – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Pendmad) menyelenggarakan acara sosialisasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se kabupaten Kendal, Selasa (26/2) di Aula Kemenag Kendal. Kegiatan sosialisasi yang diikuti Kepala Madrasah dan Waka Kurikulum MTs dan MA se Kabupaten Kendal ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal Saerozi, yang didampingi oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Muslikhan.

Dalam sambutanya Kepala Kemenag berpesan agar ujian nasional berbasis komputer yang merupakan standar kelulusan dapat terselenggara sesuai harapan.

“Ujian Nasional sebagai standar kelulusan sehingga USBN, UAMBN harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, juga pelajaran muatan lokal harus diujikan,” terang Saerozi.

UAMBN-BK mulai diterapkan pada tahun 2018 yang lalu, sebelumnya UAMBN masih menggunakan media kertas dan pensil. Namun Pelaksanaan UAMBN-BK untuk tahun 2019 untuk seluruh Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) wajib menggunakan media elektronik / komputer.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Kendal, Muslikhan menambahkan bahwa sosialisasi ini bertujuan memantapkan persiapan UNBK, UAMBN-BK ditingkat MTs dan MA di Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2018/2019.

“Persiapan UNBK dan UAMBN BK tahun 2019 ini tidak mengalami masalah, dan seluruh Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kendal telah siap melaksanakan ujian berbasis komputer,” ujarnya.

Diharapkan semua kepala Madrasah Aliyah (MA) dan madrasah Tsanawiyah (MTS) untuk betul-betul mempersiapkan segala perangkatnya, sehingga pada saat nanti pelaksanaan UNBK dan UAMBN-BK dapat memenuhi target 100% sukses. (ja-bel./rf)