Ulangan Harian Berbasis Android di MAN 2 Tegal

Tegal (Slawi)- Siswa Kelas XI.IPS.1 MAN 2 Tegal mulai melaksanakan ulangan harian menggunakan smartphone berbasis android pada mata pelajaran Sejarah Peminatan Selasa(6/11). Kegiatan ini dilaksanakan pada jam pelajaran ke 1-2. Secara teknis, ulangan harian kali ini tidak jauh beda dengan ulangan yang berbasis manual (kertas /red). Letak perbedaan hanya pada media yang digunakan untuk mengerjakan soalnya.  

Pada dasarnya, ulangan harian berbasis android, para siswa mengakses soal-soal yang sudah disiapkan di PC/laptop guru. Untuk bisa mengakses dan menjawab soal-soal ulangan, smartphone siswa terkoneksi dengan laptop guru menggunakan media Wi-Fi. Selain itu, setiap siswa juga harus memasukkan username  dan password untuk bisa mengikuti ulangan harian tersebut. Dan setiap kali akan memulai menjawab soal, para siswa harus memasukkan Token untuk mengerjakan soal-soal ulangan.

Heru, mengatakan “Ulangan harian menggunakan smartphone berbasis android bertujuan untuk melatih siswa-siswi MAN 2 Tegal agar terbiasa mengerjakan soal-soal yang ditampilkan di layar HP mereka, sehingga ke depan mereka siap menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) karena aplikasi yang digunakan pada saat ulangan harian ini tampilannya sama persis dengan tampilan UNBK,” ujarnya.

“Soal yang ditampilkan pada layar HP siswa dan cara menjawab soal sama persis seperti pelaksanaan UNBK. Soal yang tampil antara satu siswa dengan siswa lainnya tidak sama, karena menggunakan sistem acak. Tujuannya agar siswa serius mengikuti ujian sekaligus melatih diri dan kemampuan para siswa,” terangnya.

Dia juga menambahkan, “Penggunaan smatphone berbasis android ini lebih memudahkan siswa untuk mengerjakan soal. Dengan menggunakan aplikasi ulangan harian di smartphone Siswa juga tidak bisa melakukan kecurangan. Selain soalnya yang diacak, siswa juga tidak bisa membuka aplikasi pencarian google. Selain itu, soal yang dibuat untuk ulangan harian berbasis android bertipe pilihan ganda. Dan siswa bisa melihat secara langsung nilai pada saat selesai ulangan,” pungkasnya. (dhi/rf)