UN Paket C Akan Digelar Di Dua Lokasi

Rembang – Ujian Nasional tahun ini kembali akan diikuti oleh sebanyak 67 santri yang mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dan 46 santri Pendidikan Kesetaraan Program Wustho. Pihak Kankemenag meminta peserta UN tersebut untuk mempersiapkan diri dengan matang.

Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kankemenag Kabupaten Rembang, Musthofa mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang kemarin mengatakan, koordinasi tersebut terkait teknik pelaksanaan UN Paket C dan Wustho.

Dijelaskan Musthofa, UN Paket C ini akan diikuti oleh  santri berasal dari Dua PPS Al-Hidayah Karangmangu Kecamatan Sarang dan PPS Tahfidzul Qur’an, Dukuh Tanggung, Desa Sedan, Kecamatan Sedan. Ke 65 santri tersebut merupakan bagian dari 957 peserta didik di Rembang yang ikut UN Paket C.

“Jika tahun lalu, UN paket C ini terpusat di SMP 5 Rembang, maka tahun ini UN akan dipusatkan di SMA 2 Rembang dan SMA 3 Rembang,” kata Musthofa.

Musthofa mengatakan, peserta ujian Paket C dari PPS Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan Program Paket C ini diverifikasi oleh Dindikpora. Sementara Kankemenag berwenang memverifikasi peserta UN untuk Paket Wustho. “Data peserta UN Paket Wustho sudah kami verifikasi dan kami serahkan ke Dindikpora,” kata Musthofa.

Data Kankemenag Kabupaten Rembang, peserta UN Paket Wustho ini sebanyak 67 santri dengan rincian, 35 santri untuk PPS Al-Hidayah Sarang, dan 32 santri untuk PPS Tahfidzul Qur’an Sedan.

Namun lokasi UN Paket Wustho ini belum ditentukan. “Mudah-mudahan bisa segera ditentukan,” ujar Musthofa.

Berdasarkan data Dindikpora Kabupaten Rembang, UN Program Paket C akan digelar dalam dua gelombang. Gelombang I berlangsung selama empat hari, yaitu Sabtu-Minggu (15-16 April), dan Sabtu-Minggu berikutnya (22-23 April). Untuk gelombang II diadakan pada Sabtu-Minggu (7-8 Oktober) dan Sabtu-Minggu (14-15 Oktober).

Sedangkan UN Program Wustho akan diadakan selama 3 hari, yaitu Sabtu-Minggu (13-14 Mei) dan Sabtu, 20 Mei. Untuk gelombang dua, yaitu pada Sabtu-Minggu (7-8 Oktober), dan Sabtu, 14 Oktober 2017.(ss/bd)