Up-Dating dan Verifikasi Data Emis Pendidikan Keagamaan

Kudus – 5/10 Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan data pada lembaga pendidikan keagamaan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pontren mengadakan kegiatan verifikasi data emis . Kegiatan ini diikuti oleh 45 operator EMIS ( Education Managemen Information System) dari unsur Madin,TPQ dan Pondok Pesantren bertempat di Mushola Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus.

Kasi Pendidikan Diniyah dan Pontren, HM. Kafit dalam sambutanya mengatakan bahwa data emis sangat penting karena melalui data emis dapat memberikan informasi  secara komperehensip terkait penyelenggaraan pendidikan keagamaan islam di Kabupaten Kudus.

Beliau menekankan agar data yang dikumpulkan harus valid, apa adanya , jujur jangan dirubah kecuali ada perubahan data dan penulisanya harus yang benar karena salah penulisan bisa mengakibatkan data tersebut tidak bisa di upload.

Ditambahkan data pendidikan  keagamaan sangat dinamis sehingga perlu dilakukan up-dating secara berkala. Data yang sudah dihimpun kemudian dilakukan verifikasi sehingga diperoleh data yang benar.

Diinformasikan beliau bahwa tahun lalu  (TA 2016/2017) jumlah lembaga TPQ sebanyak 415 yang bisa di upload datanya sebanyak 413 lembaga keagamaan, 2 TPQ tidak bisa di upload karena belum mempunyai nomor statistik. Jumlah Madin sebanyak 252 yang berhasil di upload sebanyak 247 lembaga , 5 Madin tidak bisa di upload karena datanya tidak valid. Sedangkan untuk Ponpes telah berhasil di upload sebanyak 86 Pondok Psantren.

Harapan beliau pada tahun ajaran 2017/208 lembaga pendidikan keagamaan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus bisa terupload semua.(St.Zul/bd)

 

St. Zul