Upacara Bendera, Puncak HAB ke 72 Kemenag Klaten

Klaten-Kementerian Agama hari ini memperingati hari jadinya yang ke 72. Hari lahir kementerian yang bermotto Ikhlas Beramal ini diperingati sebagai Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama. Adapun tema HAB ke 72 adalah “Tebarkan Kedamaian” dengan Tagline “Bersih Melayani”.

Menggunakan seragam atas putih dan bawahan hitam sesuai dengan edaran Sekretaris Jenderal. Tepat pukul 07.30 upacara peringatan HAB ke 72 dimulai dan  bertempat di halaman Kemenag Klaten dengan pembina upacara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif yang diikuti oleh seluruh ASN  Kemenag Klaten, KUA, penghulu, penyuluh serta pengawas, (3/1)

Dalam sambutan Menteri Agama RI yang dibacakan Kakankemenag Klaten Masmin Afif tersebut mengatakan Kementerian Agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam NKRI. Pelaksanaan tugas dan fungsinya menyertai denyut nadi kebangsaan kita.

Kemenag bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu Pancasila yang didalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jatidiri bangsa Indonesia.

Melihat amat pentingnya tugas itu, maka pada setiap diri aparatur Kementerian Agama melekat beberapa misi yang saling terkait, mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu.

Berbagai upaya perbaikan telah membuahkan hasil. Mengiringi usianya yang ke 72, Kementerian Agama sukses menorehkan sejumlah prestasi. Di bidang tata kelola, mendapat opini hasil audit BPK dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan kenaikan indeks penilaian reformasi birokrasi.

Di bidang pelayanan haji, indeks kepuasan jemaah haji terus meningkat. lndeks kerukunan beragama berada dalam angka positif. Begitu pula dengan pelayanan nikah di KUA. Juga kenaikan pada standar mutu pendidikan agama dan keagamaan di tingkat dasar, menengah maupun perguruan tinggi. Selain itu, Kementerian Agama dinilai sebagai penyumbang PNBP terbesar, pelapor LHKPN terbanyak serta beberapa penghargaan lainnya dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menag mengajak seluruh ASN Kementerian Agama dan semua komponen umat beragama di Tanah Air agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian. Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menenteramkan. Dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera.

Kepada seluruh jajaran Kementerian Agama, marilah memaknai bekerja sebagai ibadah , bekerja melayani masyarakat adalah sebuah kehormatan. Mari menjalankan pengabdian dengan sikap amanah dan keikhlasan, dan jangan sekali-kali mempermainkan jabatan, pesannya.

Diakhir upacara Kakankemenag menyerahkan memberikan bantuan kepada 240 orang anak yatim, fakir miskin, penjaga kantor, guru WB guru TPQ dan Madin @ Rp 225.000 dari Baznas Klaten sebagai wujud dari kemitraan dan kontribusi yang baik dari Kemenag Klaten.(aj)