Upacara Detik-Detik Proklamasi

Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 di digelar di Halaman Istana Merdeka tanggal 17 Agustus 2021 yang diikuti oleh Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia bersama  warga  Indonesia serentak mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih secara serentak yang dilaksanakan pagi tadi.

Bertindak sebagai Komandan Upacara  dalam peringatan Detik Detik Proklamasi ke 76 Republik Indonesia  Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi sedangkan Tim Paskibraka 2021 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing dari provinsi se Indonesia yang sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis, 12 Agustus 2021 di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Adapun peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilakukan tepat pukul 10.10 WIB yang ditandai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Naskah proklamasi merupakan tulisan tangan Soekarno pun ikut ditampilkan.

Dalam upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia selaku petugas pembaca doa dipercayakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Kokohkanlah jiwa raga kami, untuk menjaga keindahan negeri kami,” uajar gus Yaqut dalam doa nya

“Anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami, dan bangsa kami, kemampuan mensyukuri nikmat anugerah Mu dalam sikap-sikap indah yang Engkau ridlai. Selamatkanlah jiwa-jiwa kami dari noda-noda yang mencoreng keindahan martabat kami,” lanjutnya (17/8/2021).

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang di laksanakan di Istana Merdeka ikuti secara Virtual oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah beserta jajarannya di di Aula lantai 3 Kanwil Kementerian Agama Prov. Jateng.(bd/bd)