Upaya Kemenag Kota Magelang Dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Keuangan

Kota Magelang – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan mutu penyusunan laporan keuangan, Kementerian Agama Kota Magelang melalui Sub Bagian Tata Usaha menyelenggarakan Sosialisasi Peningkatan Kualitas Pengelolaan Keuangan pada Rabu (22/03) di  AULA Kemenag Kota Magelang. Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan DIY Titiek Dyah Retnaningsih, dan KPPN Magelang Sulastri.

Sosialisasi ini diikuti oleh Pejabat Pembuat Komitmen, Kepala Madrasah Negeri maupun swasta beserta bendahara dan Ka. TU dan pengelola keuangan lainnya.

Mustofa selaku ketua panitia kegiatan ini menyebutkan sosialisasi merupakan aktivitas memahami suatu produk undang-undang/hukum yang telah ada. “Penyampaian sosialisasi dimaksudkan untuk memahami aturan dan ketentuan yang telah ada agar dapat di pahami, dipedomani dan dilaksanakan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Ia menyebutkan sosialisasi ini menghadirkan pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung yang tugasnya berkaitan dengan aktivitas keuangan. “Kita tentu berharap usai sosialisasi ini akan terbangun kesamaan pemahaman dan kebijakan dalam pengelolaan keuangan di Kemenag Kota Magelang,” tambahnya. 

Dengan pemahaman dan pengetahuan yang baik, tentu pengelola keuangan dapat melakukan aktivitas keuangan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan begitu tujuan pelayanan keuangan yang baik dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Perlu diketahui Kementerian Agama (Kemenag) menargetkan dapat meraih kembali opini Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) pada hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan(BPK) terhadap Laporan Keuangan Kementerian Agama (LKKA) tahun 2016. Sebab, LKKA tahun 2015 diganjar opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). (M4ria/Af)