Upaya Meningkatkan Peran Perpustakaan Untuk Madrasah

 

Surakarta – Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kualitas perpustakaan, MTsN 2 Surakarta melakukan kunjungan sekaligus study banding ke perpustakaan SMP Negeri 1 Wonogiri, Sabtu (25/8). Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Bukori selaku kepala madrasah beserta 2 pustakawan dan 10 guru.

Kunjungan ini bertujuan untuk saling berbagi informasi dan ilmu dalam rangka tata kelola perpustakaan yang baik demi meningkatkan minat baca siswa baik di MTsN 2 Surakarta maupun di SMP Negeri 1 Wonogiri.

“Kegiatan ini juga dalam rangka mempersiapkan MTsN 2 Surakarta maju dalam lomba perpustakaan tingkat kota yang akan dilaksanakan besok awal bulan September besok,” papar Bukori.

Dalam kesempatan itu Bukori mengatakan bahwa peningkatan pelayanan perpustakaan sangat penting karena dapat mengembangkan budaya literasi.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan budaya literasi di madrasah adalah dengan cara menyediakan tempat bacaan yang nyaman dan representative, tempat yang memungkinkan adalah di perpustakaan,” ujar Bukori.

Banyak hal didapat dari kunjungan tersebut, antara lain penggunaan aplikasi dalam pengelolaan buku, sistem pengadaan buku, pencarian buku, pengelolaan berbagai koleksi buku baik buku pelajaran maupun buku bacaan fiksi.

Kunjungan berlangsung dalam suasana yang ramah. Rombongan juga berkesempatan melihat-lihat kondisi fisik perpustakaan SMP Negeri 1 Wonogiri. Banyak hal yang dapat dipelajari dan diterapkan di perpustakaan MTsN 2 Surakarta demi mewujudkan perpustakaan yang baik dan ideal untuk meningkatkan minat baca siswa. (sdq-rma/Wul)