UPZ Wonogiri tasyarufkan zakat dalam bentuk bantuan modal produktif

Wonogiri – Di Tahun 2014 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri mampu menghimpun dan mentasyarufkan dana sebanyak Rp. 378.803.987 yang dihimpun dari Karyawan Kankemenag Wonogiri, yang menarik pentasyarufan UPZ di tahun 2014 lebih menitikberatkan pada hal-hal yang produktif dan bersentuhan dengan umat antara lain ikut membantu stimulan proses pensertifikatan tanah wakaf, dan selama tahun 2014 sudah terselesaikan 20 bidang tanah wakaf.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri Drs. H. Safrudin, M.S.I disela-sela acara pentasyarufan UPZ untuk bantuan fakir miskin awal Januari kemarin.

Selain itu, UPZ juga membantu kelompok majelis taklim yang diwujudkan dengan bantuan mesin pembuatan tahu sederhana kerja sama dengan Bapermas Wonogiri untuk pendampingannya, bantuan ini ditujukan untuk merangsang kelompok majelis taklim untuk lebih produktif.

“Kita berikan kail bukan ikannya, selain itu diperlukan adanya persamaan faham tentang apa dan bagaimana memberdayakan potensi zakat dan perwakafan dalam menuju zakat yang lebih produktif dengan menggali berbagai potensi dalam pengelolaan zakat”, imbuhnya.

Safrudin berharap agar kegiatan UPZ selama tahun 2014 dapat membawa dampak positif dalam mengaplikasi pemberdayaan zakat dan wakaf produktif di lapangan sehingga dapat berdaya guna serta membawa manfaat bagi masyarakat yang berhak. Selain itu UPZ juga dituntut dapat melaksanakan amanah secara professional, sehingga manfaat pengelolaan zakat produktif dapat dirasakan di tengah masyarakat.

Mengingat esensi dari Zakat adalah menjadikan harta lebih bersih, suci, baik dan berkah. Membersihkan dan menumbuhkembangkan harta serta menjaga harta dari noda dosa dengan keberkahan mentaati dan mengagungkan perintah Allah SWT, selain itu menyucikan jiwa dari noda bakil, kikir dan kerakusan serta ketamakan, menjauhkan diri dari bencana dan musibah serta berimplikasi nikmat dan rizki yang diberikan semakin bertambah dalam wujud kesehatan, ilmu maupun harta intinya selain investasi dunia juga Zakat menjadi investasi dunia dan mendatangkan maslahah bagi umat.

Gara Syari’ah Fauzi Rokhman Jauhari selaku sekretaris UPZ melaporkan bahwa selama tahun 2014 UPZ Kankemenag bisa menghimpun dan mentasyarufkan dana UPZ sebesar Rp. 378.803.987. Adapun pentasyarufanya antara lain untuk insentif guru WB di RA dan Madrasah, beasiswa bagi RA dan Madrasah, bantuan untuk Madin dan beras untuk santri pontren, bantuan air bersih di daerah bencana kekeringan, bantuan bencana tanah longsor Banjarnegara, bantuan modal produktif, bantuan proses sertifikasi tanah wakaf dan bantuan pengadaan muskhaf Al Qur’an dan Iqro’(Mursyid-Heri)