Usai Melunasi BPIH, JCH Terima Souvenir dari BPS

Kudus (PHU) – Jumlah Jemaah Calon Haji Kabupaten Kudus yang akan berangkat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini mencapai 1.366 orang. Menurut Wisnu, pegawai pada Bank Muamalat Indonesia (BMI) Kantor Cabang Utama Kudus saat ditemui di Kantor, menjelaskan bahwa proses pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) reguler di hari pertama pelunasan berjalan lancar, Selasa (24/04).

“Calon jemaah haji yang sudah pelunasan haji reguler di Bank Muamalat sebanyak 177 orang dari total 237 orang dan rata-rata per hari sebanyak 20 orang datang untuk melunasi,” jelas Wisnu.

Bank yang telah berdiri sejak tahun 2009 ini beralamatkan di Jalan Ahmad Yani dan beroperasi pada kompleks pertokoan di Ruko Panjunan Kudus. BMI termasuk salah satu bank di wilayah Kabupaten Kudus yang berorientasi dengan layanan perbankan murni syariah dan masuk dalam Bank Penerima Setoran BPIH (BPS BPIH).

Terkait dengan souvenir jemaah haji tahun ini yang dibagikan, Wisnu menjelaskan kepada tim dari Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Bidang PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah bahwa souvenir akan diberikan ke calon jemaah haji setelah mereka selesai melakukan pembayaran pelunasan BPIH.

Kunjungan tim dari Bidang PHU ini, untuk memastikan ketersediaan souvenir jemaah calon haji pada pelaksanaan pelunasan BPIH di seluruh BPS BPIH yang melaksanakan proses pelunasan BPIH di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

“Souvenir yang dibagikan Muamalat ke seluruh jemaah berupa tas kecil tempat batu kerikil, tas tempat sandal, bahan batik seragam haji, dan sajadah. Untuk calon jemaah haji pria ditambah kain ihrom dan yang wanita akan diberikan mukena,” terangnya.

Sementara itu, dijelaskan untuk souvenir berupa payung masih dalam proses pengiriman. Wisnu menambahkan kaitannya dengan buku manasik haji yang akan dibagikan ke jemaah haji, masih menunggu dropping buku manasik versi yang terbaru dari Kementerian Agama pusat. (djs/gt).