USBN Dan UAMBN Madrasah Aliyah Berjalan Lancar

BLORA – Sebanyak 959  siswa Madrasah Aliyah (MA) mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)  selama sepekan kemaren (20- 24/3)  dengan lancar dan tertib.

Meskipun tahun ini merupakan pertama kali penyelenggaraan USBN di madrasah, Kasi Pendidikan Madrasah, Drs.H. Parmono yakin madrasah bisa menyelenggarakannya karena sudah terbiasa dengan penyelenggaraan UAMBN.

“Kalau sebelumnya hanya mata pelajaran agama, tahun ini mapel umum juga diujikan dan alhamdulillah ujian berjalan lancar tidak ada kendala di lapangan tinggal menunggu hasilnya” ujar Parmono.

Parmono menandaskan bahwa pada tahun 2017 ini UAMBN dan USBN diikuti oleh 14 madrasah, yakni 13 sekolah Madrasah Aliyah swasta dan satu sekolah Madrasah  Aliyah Negeri.

Beberapa Mata pelajaran umum yang diujikan tersebut antara lain: Biologi, Fisika, dan Kimia, Sejarah, dan PPkN untuk peminatan IPA, serta Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi Sejarah, dan PPkN untuk peminatan IPS. Ikut diujikan juga mapel Sastra Indonesia/Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing (Bahasa Arab, Jepang, Jerman, Perancis, dan Mandarin) , Sejarah, dan PPkN untuk siswa MA yang mengikuti peminatan Bahasa dan Budaya.

“Adapun mapel yang diujikan pada kelas peminatan keagamaan mencakup Tafsir Alquran, Hadis, Fikih,ilmu kalam,sejarah, dan PPkN,” terangnya.

“Baik UAMBN maupun USBN, dilakanakan secara tertulis Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dan berbeda dengan ujian nasional berbasis komputer nantinya”tandasnya.

Parmono juga menambahkan bahwa nilai hasil UAMBN dan USBN bukan penentu kelulusan, karena menurutnya, kelulusan ditentukan masing-masing satuan pendidikan melalui forum rapat dewan guru, dengan mempertimbangkan kriteria: menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/prilaku minimal baik, dan lulus UM dan USBN.

Kasi Sarpras Kanwil Kemenag jateng, Nurkholis yang melakukan monitoring pelaksanaan ujian di MAN Blora menyatakan bahwa siswa siswi di Blora mengerjakan ujian dengan lancar dan tertib baik secara administratif maupun teknis sehingga diharapkan hasilnya memuaskan.

Ke depan, Nurkholis menyampaikan bahwa dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) bisa digunakan untuk memberikan fasilitas sarpras bagi gedung madrasah sehingga diharapkan dengan kualitas fisik yang baik bag madrasah bisa memberikan kenyamanan bagi siswa baik dalam proses belajar mengajar maupun pelaksanaan ujian.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar yang pada saat melakukan monitoring Ujian sekolah ke MAN Blora mengharapkan siswa bisa mendapatkan hasil belajar yang baik dan membanggakan dan berusaha memberikan prestasi yang baik bagi madrasah.

“Atas nama pribadi dan lembaga, saya mengucapkan selamat menempuh USBN dan UAMBN untuk anak anakku siswa siswi MA di Blora, teriring doa dan harapan yang tulus, semoga bisa mendapatkan kesuksesan dan ilmu yang bermanfaat” harapnya serius.

Selain itu, pihaknya berharap siswa madrasah aliyah juga bisa mempersiapkan diri dalam mengikuti UNBK yang akan diseleggarakan pada 10 April nanti dan semua pihak sekolah bisa mempersiapkan sebaik baiknya pelaksanaan ujian tersebut.

Hm Fatah, kepala MAN Blora menyatakan mudah mudahan siswa bisa lancar mengikuti USBN dan UAMBN dan dari evaluasi kegiatan simulasi UNBK di hari pelaksanaan ujian cukup lancar, dimana siswa terlihat mengerjakan dengan serius dan teliti dan siswa antusias serta senang dengan adanya simulasi tersebut berharap ke depan ujian UNBK juga lancar dengan persiapan optimal. (ima/bd)