Visitasi Akreditasi MAN Batang Digelar secara Online

* Kepala MAN Batang didampingi para Guru sedang mempersiapkan data-data yang dibutuhkan dalam visitasi Akreditasi

Batang – MAN Batang melaksanakan visitasi akreditasi secara daring melalui zoom meeting pada hari Jumat dan sabtu, 3-4 September 2021. Dilaksanakan di ruang multimedia dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan, perwakilan komite madrasah, perwakilan wali murid dan perwakilan siswa. Acara dilakukan dengan tiga sesi, yaitu sesi perama temu awal, sesi visitasi dan sesi temu akhir, terselenggara dengan dua room zoom meeting.

Kepala MAN Batang H.A.M Alwi dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya atas karunia Allah SWT atas pelaksanaan kegiatan akreditasi ini.

“Kegiatan ini merupakan sebuah rangkain acara yang sejauh ini telah dipersiapkan oleh madrasah dengan tiga tahapan yaitu persiapan, uploading data melaui sipena dan penilaian melaui visitasi sebagai langkah akhir,” kata H. A.M. Alwi .

Dia juga mengucapkan selamat datang kepada tim asesor semoga penilaian hari ini bukan hanya menjadi kegiatan penilaian semata, namun dapat dijadikan ajang silaturahmi tersendiri dengan segenap civitas academika MAN Batang.

“Kami mewakili MAN Batang berharap semoga tim asesor selalu diberikan kesehatan, kekuatan, keberkahan tersendiri baik secara pribadi maupun keluarga,” tegasnya.

Sementara itu tim asesor Pujio menyampaikan bahwa kegitan visitasi secara daring ini sesuai dengan surat tugas no 067/BSM/PBG/68/2021 untuk melaksanakan visitasi secara daring. Dia berpesan agar kita menyiapkan foto-foto data awal, data sarpras, kegiatan di madrasah, dan hasil rekaman visitasi agar dapat dikirimkan nantinya.

“ Kami membutuhkan data-data awal berupa foto-foto sarpras, foto kegiatan madrasah, untuk dikirimkan agar kami dapat melihatnya,”katanya.

Asesor lainnya Muhammad Nuryasin menegaskan bahwa madrasah kegiatan visitasi ini akan banyak mengobservasi pihak guru, siswa, kepala madrasah, komite dan wali siswa. maka mohon dipersiapkan.

Di sesi selanjutnya kegiatan dengan dua room zoom meeting dimana asesor pertama Muhammad Nuryasin, melakukan penilaian pada komponen mutu lulusan dan komponen proses pembelajaran..

“ Di room ini kami akan melihat sejauh mana MAN Batang memiliki mutu lulusan, proses pembelajaran untuk itu tim yang sudah ditugaskan untuk menyiapkan data-data yang kami butuhkan,” tegas Muhammad Nuryasin.

Di room ini pada komponen Mutu Lulusan dikoordinatori Ibu Indasah menyampaikan seluruh item pertanyaan dan bukti bukti yang diperlukan untuk penilaian dengan dibantu guru-guru yang berada pada satu timnya.

“ Kami sudah siapkan item yang dibutuhkan untuk dinilai oleh Asesor, diantanya adalah indikator tentang komponen mutu lulusan, “ jelas Indasah.

Sedangkan asesor kedua ,Pujio, melakukan penilaian pada dua komponen lainnya yaitu komponen mutu guru dan komponen menejerial. Pada kedua komponen ini dia mempersilakan tim pada komponen ini untuk memaparkan seluruh peristiwa dan data yang berkaitan dengan komponen ini. Melakukan kroscek pemaparan data antara guru, siswa, komite dan wali siswa.

“ Kami akan melihat komponen mutu guru, dan komponen menejerial, maka saya meminta pada tim dai MAN Batang untuk memaparkan seluruh peristiwa dan data yang verkaitan dengan komponen ini, setelah itu kami akan kroscek kususnya data guru, komite maupun wali siswa,” tegasnya.

* Komunikasi baik penjelelasan maupun pembuktian data yang disajikan yang akan dinilai oleh para asesor dilakukan dengan zoom meeting

Di hari kedua visitasi penilaian dilanjutkan dengan pembagian kompenen, dimana komponen mutu lulusan dan menejerial dilakukan oleh bapak Muhammad Nuryasin, sedangkan komponen mutu lulusan dan proses pembelajaran dilakukan oleh bapak Pujio. Setelah itu, di akhir kegiatan visitasi, pada sesi temu akhir beberapa catatan hasil visitasi dipaparakan oleh keduanya untuk perbaikan madrasah di masa yang akan datang.

“ Hasil visitasi kali ini luar biasa, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah memastikan madrasah terhindar dari perundungan, meski masa pandemi tetap tingkatkan kegiatan kolektifitas guru seperti MGMP dan kegiatan kolektif guru lainnya, tingkatkan prestasi dan tingkatkan supervisi akademik meski di masa pandemi, tingkatkan produk karya ilmiah guru, peranan komite sesuai dengan kebutuhan madrasah juga sering dilibatkan,” katanya.

Ketua panitia kegiatan visitasi Zinati Jumah dalam ungkapanya mengatakan bahwa pihaknya merasa lega dan bersyukur karena kegiatan yang kita tunggu-tunggu itu dapat diselesaikan dengan baik.

“ Alhamdulillah saya sangan bersukur pada Allah atas selesainya visitasi ini dengan lancer, selain atas pertolongan Allah SWT, tentu karena kerja keras dari seluruh guru, tenaga administrasi dan lainya bekerja dengan kompak, solid bersama-sama tak kenal lelah, sehingga yang berat serasa ringan,” jelasnya.

Salah satu guru yang terlibat dalam kegiatan ini Ibu Yuyun Kartika menyampaikan rasa syukurnya atas terselesaikannya kegiatan penilaian akreditasi ini.

“Saya merasa lega kegiatan ini akhirnya telah usai, kami semua berharap hasil yang akan kita peroleh sangat memuaskan,” ungkapnya.

Sementara itu perwakilan dari siswa, Afriyani Dina Safira menyampaikan rasa gembiranya dapat turut berkontribusi dalam kegiatan ini.

“semoga madrasahku menjadi lebih baik dan membanggakan kami dan orang tua kami semuanya, ini merupakan pengalaman pertama saya, semoga pengalaman ini dapat bermanfaat bagi kami semua perwakilan siswa siswi MAN Batang,” katanya. ( Endon Nurcahyani / Zy )