Visitasi Akreditasi MIN 2 Tegal, Assesor: Jangan Terlena Walau Akreditasi Sudah Selesai

Tegal (Slawi) – Setiap lima tahun sekali madrasah/sekolah berjuang mempersiapkan penilaian yang disebut akreditasi. Akreditasi merupakan bagian dari sistem penjaminan mutu eksternal pendidikan dasar dan menengah seperti yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Dari kacamata pemerintah, sekolah dinyatakan layak dan bermutu apabila memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pengelolaan, standar pendidik dan kependidikan, standar sarana prasarana, standar pembiayaan, dan standar penilaian.

Akreditasi sekolah/madrasah diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN-S/M) dibantu oleh Badan Akreditasi Propinsi Sekolah dan Madrasah (BAP-S/M) dan Tim penilai disebut Assesor.

MIN 2 Tegal, sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama juga tidak ketinggalan menjadi sasaran Sekolah/Madrasah yang diakreditasi seperti halnya Sekolah/Madrasah lain. Tahapan-tahapan sudah dilalui, diawali dengan input data online di aplikasi DIA (Daftar Isian Akreditasi) atau Sispena (Sistem Penilaian Akreditasi) dari Badan Akreditasi Nasional – Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) berupa pengisian instrumen penilaian sejak bulan Mei 2018.

 Enam bulan menunggu, hingga hari pelaksanaan akreditasi pun jatuh pada hari Rabu (21/11) hingga Kamis (22/11). Semua koordinator standar semakin tegang dan harap-harap cemas, walaupun mereka sudah siap dengan dokumen pendukung dan bukti fisik yang diperlukan sesuai dengan instrumen penilaian.

Dua orang Tim Asesor dari BAN-S/M Provinsi Jawa Tengah, Slamet Raharjo dan Robikhun yang keduanya berasal dari Kabupaten Brebes. Siap bekerja sama dalam visitasi akreditasi di MIN 2 Tegal. Visitasi Akreditasi adalah kegiatan verifikasi, validasi, dan klarifikasi data dan informasi yang telah diisi oleh MIN 2 Tegal dalam Aplikasi online Sispena yakni melalui wawancara dan observasi terhadap kondisi objektif MIN 2 Tegal.

Dalam acara pembukaan visitasi Kepala MIN 2 Tegal Alfiyah mengawali dengan penjelasan profil madrasah kepada asesor.  “MIN 2 Tegal sebagai madrasah yang mempunyai banyak program unggulan insya Allah siap dinilai apapun nanti hasilnya. Kami berharap Bapak-bapak Asesor setelah melihat sendiri kondisi fisik madrasah kami sekaligus menyaksikan profil madrasah yang baru saja kami tayangkan dapat berbesar hati dan selalu dikenang di hati sehingga MIN 2 Tegal mempunyai aura positif di mata para Asesor,” sambut Alfiyah.

Di sela-sela acara pembukaan, perwakilan Tim Asesor Slamet Raharjo juga merasa bangga dan senang hati sudah diterima di MIN 2 Tegal. Dia berharap dalam visitasi nanti akan maksimal dan berusaha membantu, membimbing para koordinator standar dalam menyajikan dokumen pendukung atau bukti fisik instrumen. “Insya Allah kami Tim Asesor akan berusaha semaksimal mungkin membantu Bapak/Ibu dalam pelaksanaan visitasi ini. Semoga kita bisa bekerja sama dan menghasilkan yang terbaik,” paparnya.

Selanjutnya, Tim Asesor melakukan observasi dan mendokumentasikan kondisi sarana dan prasarana serta lingkungan MIN 2 Tegal. Koordinator kemudia menyiapkan dan menyajikan dokumen, data, dan informasi pendukung terkait pemenuhan delapan standar. Tim Asesor melakukan verifikasi, validasi, klarifikasi, dan penilaian sesuai instrumen akreditasi berdasarkan data, dokumen, dan hasil pengamatan.

Di hari kedua Kamis (22/11) masing-masing asesor melakukan observasi kelas yang berbeda yakni di Kelas I (kelas rendah) dan Kelas V (kelas tinggi). Dalam observasi kelas, asesor mengamati kegiatan pembelajaran mulai dari pendahuluan, inti, dan penutup, kesesuaian model pembelajaran, metode, dan media juga merupakan poin penilaian.

Dilanjutkan verifikasi, validasi, klarifikasi dan penilaian sesuai instrumen akreditasi berdasaran isian DIA (Daftar Isian Akreditasi) selesai kemudian dilanjutkan dengan pengamatan langsung kegiatan pembelajaran, selanjutnya diadakan penutupan sekaligus penyampaian evaluasi hasil-hasil yang sudah diperoleh dari para asesor.

“Untuk MIN 2 Tegal kami apresiasi penuh, mudah-mudahan setelah kami ambil kesimpulan nantinya MIN 2 Tegal mendapatan predikat atau nilai seperti yang Bapak/Ibu harapkan. Namu pesan kami, Kita tidak boleh terlena bahkan sampai tertidur walaupun kegiatan akreditasi sudah selesai apalagi kalau sudah mendapatkan nilai tinggi. Kita harus lebih giat lagi untuk meningkatkan kinerja kita dalam melayani masyarakat terutama di bidang pelayanan pendidikan,”jelasnya.

Semoga dengan akreditasi ini MIN 2 Tegal semakin meningkatkan mutu layanan pendidikan dan dapat mewujudkan visi madrasah yakni Islami, unggul dan berkarakter. (mst/rf)