Walikota Tegal Gelar Audiensi Bersama Jajaran Kemenag Kota Tegal

Kota Tegal – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Akhmad Farkhan beserta jajaranya melakukan audiensi dengan Plt Walikota Tegal, Nursholeh, Selasa (17/10) di ruang Audiensi Walikota Tegal. Hadir mendampingi Plt. Walikota Tegal, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat,  Ali Rosidi.

Ada banyak kerjasama yang telah terjalin baik antara Pemerintah Kota Tegal dan Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, inilah yang ingin dipelihara dan dijaga oleh pejabat baru kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal dan juga pejabat baru Plt Walikota Tegal.

Mengawali audiensi, Plt Walikota Tegal, Nusholeh memberikan apresiasi, baik kepada pimpinan yang lama maupun pimpinan yang baru, juga kepada seluruh jajaran Kemenag Kota Tegal yang selama ini bisa menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kota Tegal.

Termasuk juga menjalin kerjasama dengan masyarakat, khususnya dalam menjaga kondusifitas antar umat beragama, dimana mereka diberi kebebasan didalam melaksanakan ibadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing, “Kota Tegal tidak pernah mengalami gesekan yang berkaitan dengan isu SARA, “ujar Plt Walikota dengan penuh kebanggaan.

Terkait dengan semua kegiatan yang ada di Kementerian Agama Kota Tegal, jika ada undang-undang maupun peraturan dimana Pemkot harus mendukung, baik secara formil maupun materiil, maka Pemkot siap membantu, “ucap Plt Walikota.

Selama ini Pemerintah Kota Tegal juga selalu memperhatikan kemajuan syiar islam, seperti harapan dari seksi Bimas dan seksi Pakis diantaranya, memberi honor guru ngaji, guru madrasah, TPQ, modin, lebe dan takmir masjid. Ini dilakukan karena peran mereka secara langsung bersentuhan dengan masyarakat terutama dalam syiar agama Islam,” ungkap Plt. Walikota.

Dalam waktu yang berbeda, Kasi PHU, Abdul Gofir saat apel pagi mengatakan, terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji yang diadakan setiap tahun,’ selain kegiatan rutin yang mendapat bantuan dari APBD, ada beberapa tambahan kegiatan yang mendapat perhatian sekaligus dukungan dari Pemkot Tegal yaitu acara Pelepasan dan tasyakuran haji.

Selain mendapat persetujuan dari DPRD Kota Tegal, Pemkot juga akan siap mengfasilitasi pada rangkaian penyelenggaraan ibadah haji terutama terkait dengan angkutan bus dan truk “kata Gofir.

Ditempat lain, Penyelenggara Syari’ah, Hadi Mulyono mengatakan, saya berharap kepada Pemkot Tegal untuk segera merekomendasi BWI Kota Tegal, agar secepatnya mendapat SK dari Pusat, juga Kasi Pakis, Agus Seri memohon kepada Pemerintah Kota untuk dapat memberikan kebijakan maupun perhatian sekaligus dukungan dalam hal kegiatan Porsadin dan Kemah Santri.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal, Ahmad Farhan diakhir acara mengungkapkan bahwa “audiensi ini adalah bentuk kulo nuwun”, atau memohon ijin perkenalan dengan Plt. Walikota Tegal.

“Syukur Alhamdulillah bisa bertemu langsung dengan Plt. Walikota Tegal, ini sekaligus merupakan silaturahim dan juga mohon bimbingan barangkali ada yang bisa dikerjakan dalam rangka membangun Kota Tegal, terutama bidang keagamaan dan kerukunan umat bergama baik intern maupun antar umat beragama,” ungkap Ahmad Farhan. (IM/rf)