Waspadai gerakan faham radikal

Pemalang – “Gerakan radikal yang saat ini berkembang dirasakan cukup meresahkan, terlebih yang menjadi berita internasional adanya kelompok yang menamakan dirinya Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), ini dengan lugas menyatakan akan memusuhi pada kelompok-kelompok yang menentang terhadap faham mereka.dan menghambat maksud dan tujuan kelompok mereka”.

Demikian disampaikan Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang dalam kegiatan sholat Jum’at dan pentasarufan zakat UPZ di masjid Nurul Huda desa Cibiyuk Kecamatan Ampelgading (10/2). Hal ini juga sebagai upaya dari Kankemenag Kabupaten Pemalang dalam rangka menangkal perkembangan gerakan radikal yang akhir-akhir ini sedang marak di Timur Tengah agar tidak masuk ke Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Pemalang pada khususnya.

“Jika kita kembali ke jaman perjuangan, kita mempunyai tokoh K.H. Hasyim Asy’ari sebagai pendiri NU dan K.H. Ahmad Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah yang sekarang menjadi 2 organisasi Islam terbesar di Indonesia. Kalau mereka mau, bisa saja mereka mendirikan negara Islam di Indonesia, tapi mereka tetap memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Pancasila sebagai dasar negara”, ujar Taufik.

“Untuk itu sebagai generasi penerus, mari kita ikuti langkah mereka agar Islam kita adalah Islam yang rahmatan lil alamin”, lanjut Taufik.

Taufik juga menambahkan bahwa umat Islam di Indonesia mempunyai budaya masing-masing. Untuk itu sebagai seorang muslim kita harus menghargai dan saling menghormati perbedaan yang ada, terlebih hidup di Indonesia dengan keberagaman agama, suku, dan budaya.

Taufik menghimbau kepada para penyuluh agama Islam di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang agar memberikan penyuluhan kepada masyarakat dengan baik agar masyarakat tidak terpengaruh akan adanya paham radikal. Taufik juga berharap agar khotib dalam khutbahnya menyisipkan materi sebagai penangkal gerakan radikal.

“Mari kita jaga wilayah Pemalang yang sudah aman menjadi lebih aman lagi. Jika ada individu atau kelompok yang berpaham radikal silahkan laporkan kepada pihak yang berwajib, jangan main hakim sendiri. Sebagai warga negara yang baik, patuhi ketentuan yang ada”, ajak Taufik.

Dalam kesempatan ini, Taufik membagikan zakat UPZ Kankemenag Kabupaten Pemalang kepada masyarakat Kecamatan Ampelgading dengan total zakat yang disalurkan sebesar Rp. 12.350.000,-.

“Kankemenag Kabupaten Pemalang mempunyai program safari sholat Jum’at sekaligus pentasarufan zakat UPZ ke wilayah-wilayah di Kabupaten Pemalang, dikandung maksud berikhtiar untuk menyisihkan sebagian gaji ASN Kankemenag Kabupaten Pemalang, dengan mengeluarkan zakat dan menyalurkannya untuk tempat ibadah, lembaga agama Islam, dan masyarakat yang kurang mampu”, ujar Taufik.

“Mohon didoakan agar kami tetap istiqomah dan lebih amanah dalam menjalankan tugas. Mari kita saling mengingatkan agar Kementerian Agama dari tahun ke tahun lebih baik lagi”, pungkas Taufik. (Fajar)