Wisata Religi Ajang Muhasabah  Diri

Wonosobo – Wisata religi adalah agenda tahunan MTs N 2 Wonosobo yang diikuti oleh siswa kelas 8. Pada kegiatan kali ini peserta sangat antusias mengikuti, sehingga meski jadwal keberangkatan pukul 13.00 tetapi siswa sudah mulai berkumpul sejak pukul 11.00. Wisata religi kali ini dilaksanakan tanggal 10 – 12 Maret 2019 dengan tujuan Jawa timur dan diikuti 191 siswa dengan 15 guru pendamping.

Dalam sampaiannya Kepala MTsN 2 Wonosobo, Maliq, Wisata religi memiliki banyak tujuan antara lain mempraktikkan cara beribadah luar biasa, yaitu suatu  pelaksanaan ibadah itu harus dengan safar ( bepergian jauh) seperti menjama’ sholat, mengqashar sholat, menjama’ sekaligus mengqhasar sholat, dimana ibadah ini tidak boleh dilakukan manakala kita tidak sedang dalam perjalanan yang jauh. Sehingga siswa tidak hanya belajar teori-teori tentang hal tersebut tetapi juga bisa mempraktikkannya.

“Dengan kunjungan religi jauh sampai ke Jawa Timur seperti ini diharapkan siswa mampu menanamkan ajaran-ajaran agama Islam yang telah ditanamkan selama mengenyam pendidikan di sekolah baik secara materi maupun praktek, dengan wisata ini pun diharapkan siswa dapat mengetahui risalah perjalanan dan pertumbuhan islam di pulau jawa pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya, kami berharap agenda seperti ini tetap dilakukan karena berdampak postif pada siswa MTsN 2 Wonosobo dan semoga  nantinya dapat menjadi percontohan sekolah Madrasah lain, karena dampak positifnya kegiatan ini”, tutur Maliq.

Disamping mempraktikkan beberapa ibadah tersebut, siswa juga diajak untuk menikmti bermacam-macam wahana di Wisata Bahari Lamongan dengan harapan bisa melepaskan diri dari segala kejenuhan. Berwisata religi atau mendekatkan diri pada suatu hal yang berbau religius  akan membuat kita kembali bersemangat dalam menjalani rutinitas atau aktifitas sehari- hari. Sadar atau tidak berwisata religi akan membuat hidup kita lebih ringan dan dekat dengan sang kholiq. Berdoa membuat kita lebih rileks  dan dalam wisata religi pastinya kita tidak luput dari membaca doa sehingga perasaan pun  menjadi lebih tenang.

Wisata religi ini mengunjungi beberapa tempat bersejarah yaitu makam para auliya yang menyebarkan agama islam seperti Sunan Kalijaga di Kadilangu, Sunan Bonang di Tuban, Asmori Kondi Tuban, Sunan Drajad di Lamongan, dilanjutan ke Wisata Bahari Lamongan dan terakhir ke makam KH. Abdur Rahman Wahid ( Gus Dur ) di Jombang. Demikian agenda tahunan MTsN 2 Wonosobo, semoga dengan wisata religi ini memberikan banyak manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Wisata religi dengan maksud musabahah diri dan mempraktekkan materi maupun ajaran yang telah ditanamkan selama di sekolah ini dalam evaluasi tahunan sekolah kami menimbulkan dampak baik bagi siswa dan sebagai penutup kegiatan siswa diajak refresh dan menikmati bersyukur atas ciptaan Nya, dengan wisata bahari di Lamongan”, tutup Maliq (Kepala MTsN 2 Wonosobo). PS-WS/Wul