Wokshop Bedah Kisi Kisi Dan Penyusunan Soal Ujian MI

Temanggung – Ujian nasional dan ujian sekolah yang akan dilaksanakan dalam bulan Mei 2017  sudah mulai bergaung pada awal semester genap 2016/2017 ini, terutama setelah dirilis kisi-kisi ujian tingkat SD/MI oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menyikapi hal tersebut Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah kelas enam Kecamatan Pringsurat menyelenggarakan workshop bedah kisi-kisi dan penyusunan soal ujian yang diselenggarakan di kantor PPAI Kecamatan Pringsurat selama dua hari mulai tanggal  9-10 Februari 2017. Menurut ketua KKG Kelas enam Syamsul Huda bahwa kegiatan ini diikuti oleh semua guru kelas enam Madrasah Ibtidaiyah dengan jumlah peserta 15 orang.

“jangan sampai guru ketika melakukan try out ujian kepada anak didik materi yang disampaikan melenceng jauh. ” ungkapnya, sehingga kegiatan ini penting untuk dilakukan, agar para guru dapat memahami dengan baik kisi-kisi dan materi yang akan menjadi bahan ujian akhir, diharapkan dapat menyampaikan kepada anak didik dengan tepat. Harapanya agar hasil ujian yang akan datang lebih baik. Dalam kegiatan tersebut selaku narasumber adalah Nur Makhsun dengan materi bedah kisi-kisi dan penyusunan soal Bahasa Indonesia, sedangkan untuk IPA dan Matematika disampaikan oleh Titik Nuraniyah Pengawas SD Kecamatan Bulu.

Lebih lanjut diadakannya kegiatan ini adalah : Meningkatkan pemahaman guru tentang karakteristik kisi-kisi UN, meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam merumuskan indikator soal (penilaian), memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun kisi-kisi soal, meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun butir soal sesuai dengan kaidah penulisan butir soal, memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menelaah butir soal secara kualitatif menggunakan kartu telaah soal, memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam perakitan naskah soal ujian.

“kegiatannya ini akan terus berkelanjutan sehingga bisa dilakukan evaluasi yang komprehensif.” Pungkasnya. (Humas/ Af)

Sedangkan hasil yang diharapkan : Kisi-kisi soal US tahun pelajaran 2016-2017, rumusan butir soal yang ditulis dalam bentuk kartu soal, sesuai dengan kisi-kisi sebanyak 5 (lima) paket, hasil telaah butir soal menggunakan kartu talaah soal, naskah soal ujian pemantapan sebanyak 5 (lima) paket, “ ungkap Nur Makhsun.(nm)