Wonogiri siap berangkatkan 350 calon haji

Wonogiri – Sebanyak 350 orang calon Jama’ah haji Kabupaten Wonogiri tahun 2015 M / 1436 H telah melunasi melunasi BPIH dan insya Allah akan berangkat tahun ini termasuk di dalamnya kuota tambahan sebanyak 16 orang.

Pemerintah dalam hal ini Kemenag sudah berusaha semaksimal munkin memberikan pelayanan kepada calhaj mulai dari pra pemberangkantan sampai kepulangan dari tanah suci, ada beberapa hal yang perlu di persiapan oleh calon jama’ah haji yang akan berangkat tahun ini yaitu untuk meluruskan niat karena Allah SWT semata, memahami ilmu manasik sehingga calhaj harus belajar manasik mulai dari rukun dan syarat, tatacara ibadah hingga hikmah-hikmahnya, persiapan fisik dan mental.

Demikian di sampaikan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kankemenag Wonogiri Ali Yatiman dalam acara pembekalan dan rapat koordinasi dengan calon jamaah haji kuota tambahan Tahun 1436 H untuk Kabupaten Wonogiri di Aula Kankemenag Wonogiri, Jum’at (03/06) yang di ikuti calhaj kuota tambahan Kabupaten Wonogiri.

Ali Yatiman menambahkan bahwa ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang memiliki keistemewaan dan kekhususan tersendiri yakni ibadah yang di wajibkan sekali seumur hidup bagi setiap muslim dan muslimat yang mampu dan memenuhi segala persyaratan.

“Oleh karenanya para calhaj untuk banyak bersyukur karena tahun ini insallah akan bisa melaksanakan panggilan Allah SWT ke tanah suci mengingat setiap muslim tentu mendambakan dapat menunaikan ibadah haji dalam rangka melaksanakan rukun Islam yang kelima. Untuk itu patut kita syukuri sebab masih banyak saudara-saudara kita yang sudah siap lahir dan batin, fisik dan mental namun belum bisa berangkat,” imbuhnya.

Sesuai SOP calhaj yang telah melakukan pelunasan pada Bank Penerima Setoran (BPS) yang ditunjuk Pemerintah kemudian membawa berkas pelunasannya ke Seksi Penyelenggara haji dan Umroh Kankemenag Kab. Wonogiri untuk diarsip lembar pelunasan warna merah, kuning dan biru.

Selain berkas pelunasan, calon jamaah juga harus menyerahkan fotocopy KTP terbaru dan pasfoto ukuran 4×6 dan 3×4 sebanyak 5 (lima) lembar yang nantinya akan ditempelkan pada Paspor dan Dapih calon jamaah haji. Setelah berkas calon jamaah haji lengkap kemudian pegawai seksi penyelenggaraan haji dan umrah melakukan entry update nama calon jamaah haji ke dalam database siskohat sesuai dengan nama paspor yang telah diterbitkan oleh Kantor Imigrasi.

Kankemenag Wonogiri pada saat ini telah menyerahkan paspor dan lembar merah sebanyak 327 berkas kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah untuk diverifikasi kelengkapan berkasnya dan kemudian diajukan ke Ditjen PHU Jakarta untuk selanjutnya dilakukan proses pem-visaan.

Kanwil Kemenag Prov Jateng telah menyerahkan Koper/Tas dari PT. Garuda Indonesia dan Buku Panduan Manasik Tahun 1436 H / 2015 M kepada Kankemenag Kab. Wonogiri dan sampai saat ini sudah 80 % calhaj yang mengambil.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kankemenag Wonogiri berharap kepada calhaj yang sudah melunasi untuk segera mengambil koper/tas dan buku panduan manasik haji tahun 2015 M / 1436 H di Kantor Kankemenag Wonogiri pada jam kerja. (Mursyid __ Heri)