Zakat Sangat Bemanfaat Bagi Para Mustahik Di Masa Pandemi Covid-19 Ini

Batang –┬áSucikanlah hartamu dengan berzakat. Begitulah bunyi hadis Nabi SAW yang sangat familiar terdenga rditelinga kita. Zakat merupakan rukun Islam ketiga setelah syahadat dan sholat, berbeda dengan rukun islam yang lain, zakat setidaknya mampu meringankan beban social kepada para mustahik (orang yang berhak menerima zakat). Dengan menerima zakat, setidaknya bisa mengurangi beban hidup mereka.

KUA Kecamatan Gringsing yang menerima amanat dari Kemenag Kabupaten Batang pada Jumat (7/5) sekitar pukul 10.00 WIB di aula balai nikah melakukan penasarufan zakat itu pada mustahiq yang terdiri dari fakir dan miskin, masing-masing menerima bentuk uang sebesar Rp.200 ribu.

Kepala KUA kecamatan Gringsing H. Jaenudin dalam keterangannya mengatakan bahwa ditengah perekonomian yang serba sulit seperti sekarang ini, karena wabah covid-19 yang belum berakhir dan tidak tahu kapan selesainya, namun Kemenag Batang masih bisa membantu meringankan beban saudara kita yang masih kekurangan.

” Walaupun nominal yang diterima tidak seberapa semoga ada secercah senyum dan tawa di hati para mustahik,” ungkap H. Jaenudin.

Dihubungi secara terpisah Kordinator Penyuluh Agama Islam kecamatan Gringsing Susahlit Danang Prakoso menyampaikan terimakasih yang setinggi- tingginya kepada UPZ Kemenag Kabupaten Batang.

” Semoga program yang baik bisa berlanjut dan kita akan dukung dan insyaallah dalam pentasarufannya tepat sasaran dan semoga akan bermanfaat bagi yang menerimanya,” kata Danang

Salah satu penerima zakat itu Kismoyo menuturkan bahwa dirinya dan yang lain mengucapkan terimakasih kepada KUA Kecamatan Gringsing atas kepeduliannya pada masyarakat. Dan berdoa semoga KUA Kecamatan Gringsing selalu dilindungi dan diberi keberkahan oleh Allah SWT.

” Dengan ada pemberian zakat ini maka kami mengucapkan terimakasih semoga amal baik KUA akan mendapatkan balasan Dari Allah SWT, kita tidak pernah melihat banyak sedikitnya yang kami peroleh seberaapun yg kami terima insyaallah dapat meringankan beban kami di situasi sulit seperti ini,” tutur Kismoyo,

Diakhir Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh KH. Abu Amar selaku sesepuh Penyuluh Agama Islam Kec.Gringsing. (Danang / Zy)