Zakat sebagai stimulan bagi masyarakat

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman memberikan pembinaan kepada masyarakat Dusun Tumanggal Desa Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang di masjid Al Hidayah (18/9). Sebelumnya, Taufik bersama jajarannya melaksanakan sholat Jumat bersama dan pembagian zakat UPZ untuk lembaga dan masyarakat Kecamatan Moga.

Acara juga dihadiri oleh jajaran KUA Kecamatan Moga dan guru pada Kemenag di wilayah Kecamatan Moga. Muspika Moga turut menghadiri, terdiri dari Camat Moga, Kapolsek Moga, Danramil Moga, MUI, dan Kepala Desa Banyumudal.

Masyarakat Dusun Tumanggal menurut takmir masjid Al Hidayah mayoritas beragama Islam, dan ada beberapa pemeluk agama selain Islam. Taufik memandang hal ini sebagai gambaran dari kerukunan umat beragama yang terjaga dengan baik.

Toleransi antar umat beragama hendaknya selalu dijaga. Umat Islam diharapkan senantiasa untuk menjaga dan memperkuat keimanannya. Pembagian zakat UPZ Kankemenag Kabupaten Pemalang sebagai bentuk kepedulian kepada umat Islam.

“Pemberian zakat dalam rangka membantu kehidupan umat beragama khususnya pemeluk agama Islam. Hal ini hanya sebagai stimulan bagi masyarakat, semoga bisa menggugah umat Islam untuk membantu sesama,” tuturnya.

Menjelang hari raya Idul Adha, Taufik menghimbau kepada masyarakat untuk tidak bingung menyikapi perbedaan penentuan Idul Adha karena semua ada yang bertanggung jawab. Taufik mengajak kepada masyarakat untuk berkurban bagi yang mampu. Berkurban juga bagian kepedulian kepada umat Islam.

Taufik meminta kepada masyarakat untuk mendoakan saudara-saudara umat Islam yang akan melaksanakan wukuf dalam rangkaian pelaksanaan ibadah haji. Semoga jamaah calon haji dari Indonesia khususnya Kabupaten Pemalang bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar.

Dalam peristiwa musibah jatuhnya crane yang menimpa jamaah calon haji di Masjidil Haram minggu kemarin (11/9), ada satu orang korban yang berasal dari Pemalang bernama Endang Kaswinarni Poerwomarton dari Kloter 46. Taufik bersyukur karena jamaah tersebut sudah kembali ke maktab melanjutkan rangkaian kegiatan ibadah haji.

UPZ Kankemenag Kabupaten Pemalang membagikan zakat sejumlah Rp. 10,050,000.-. Zakat diberikan kepada Masjid Al Hidayah sebesar Rp. 2,000,000.-. Untuk lembaga keagaman dan pendidikan keagamaan di Kecamatan Moga sejumlah 3 lembaga masing-masing mendapatkan Rp. 750,000.- Dan untuk fakir miskin sejumlah 29 orang masing-masing mendapatkan zakat Rp. 200,000.- Selain zakat, Taufik juga menyerahkan satu set Al Quran 30 juz kepada Masjid Al Hidayah. Al Qur’an tersebut sudah dibaca khatam oleh pegawai Kankemenag Kabupaten Pemalang. (Fajar)