19 Peserta Ikuti Tes Petugas Haji 2017

Pati – Dalam rangka memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jemaah haji Indonesia, mulai dari Embarkasi, dan selama perjalanan di Arab Saudi, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati mengadakan Tes Calon Petugas Haji, Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tingkat Kabupaten Pati tahun 1438 H/2017 M, bertempat di aula Kankemenag Kabupaten Pati, Jum’at (28/4)

Ketua Pelaksana Tes seleksi petugas haji 2017 Noor Sholikhah menyampaikan, Sebanyak 19 peserta  yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi, mengikuti ujian tertulis dan wawancara pagi ini, dua peserta memilih kategori Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, sembilan orang mengikuti tes Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) atau Ketua Kelompok Terbang (Kloter) dan delapan peserta lainnya mengikuti tes Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) atau yang lebih dikenal dengan Petugas Pembimbing Ibadah.

Dijelaskannya, Sesuai Surat Edaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, pelaksanaan rekrutmen petugas haji ini dilakukan serentak secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten dan kota hingga tingkat provinsi.

Peserta yang lulus ditingkat kabupaten dan kota akan mengikuti tes selanjutnya ditingkat provinsi pada 10 Mei mendatang di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang, ”ujar Noor.

Sementara Kepala Kankemenag Kabupaten Pati Akhmad Mundakir dalam sambutannya mengatakan seluruh calon peserta memiliki kesempatan yang sama menjadi petugas. “Kesempatan masing-masing bergantung pada hasil tes tertulis, wawancara, dan ridho Allah Swt,” katanya.
Kepada peserta yang belum memiliki peluang, tidak perlu kecewa dan berkecil hati, ”pesannya.
Dan kepada peserta yang dinyatakan lulus, harus mempersiapkan diri mengikuti pembekalan sebelum penentuan kelulusan akhir menjadi petugas haji, ”pungkasnya. (Athi’/bd)