Jokowi : Sebarkan Wawasan Bhinneka Tunggal Ika pada Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam lawatannya ke Jawa Tengah setelah dari Solo dalam rangka Silaturahim Nasional MTA III di Stadion Manahan Solo, pagi ini Presiden Jokowi menghadiri pembukaan Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma’arif Nahdatul Ulama. Nasional (PERWIMANAS) II Tahun 2017 di Bumi Perkemahan Lapangan Tembak Akmil, Kabupaten Magelang, Senin (18/9/2017).

Upacara pembukaan dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kepala Kanwil Kemenag Prov.Jateng Farhani dan Ketum Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) Said Agil Siroj.  Perwimanas 2017 ini mengambil tema “Ahlussunnah wal Jamaah, Kokokhnya Karakter Generasi Bangsa” tersebut diikuti Pramuka Penegak di LP Ma’arif NU tingkat MA, SMA dan SMK se Indonesia yang berjumlah kurang lebih 6000 siswa. Sebelumm pembukaan diadakan upacara kebangsaan yang diikuti kurang lebih 15.000 siswa.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengingatkan para pemuda  untuk turut serta menjaga  Bhinneka Tunggal Ika yang dimiliki di Indonesia, dimana Indonesia memiliki kemajemukan, keragaman dan kebhinnekaan dalam segala hal yang tidak hanya menjadi tali pengikat. “Tapi juga patut kita banggakan untuk kita sebarkan ke negara-negara yang lain,” terangnya.

Disetiap kesempatan lawatannya dan bertemu dengan beberapa Kepala Negara lain selalu memberitahukan bahwa Indonesia merupakan negara besar karena terdiri 34 provinsi 714 suku, 17000 pulau. Hal ini tentunya tidak dimiliki oleh negara lain.

Di sela-sela pidato pembukaan, Jokowi meminta beberapa peserta kemah untuk maju ke depan (panggung) dan menjawab pertanyaan tentang jumlah pulau, suku yang dimiliki Indonesia dan menghapal Pancasila. Beberapa peserta yg mampu menjawab dengan benar, Presiden memberikan hadiah berupa sepeda sebanyak 3 ( tiga) sepeda.

Tak lupa Presiden berpesan kepada pramuka peaerta kemah, yang notabene generasi muda untuk turut menjaga keutuhan NKRI dan mempertahankan ke Bhinneka Tunggal Ika an yg dimiliki Indonesia.

“Tunjukkan dan buktikan bahwa anak-anak Indonesia berani bersaing dan tidak kalah dari negara lain,” pesan Jokowi.(wul/bd)