70 Siswa Boarding School MAN 2 Surakarta Ingin Ikuti Jejak Kakak Kelasnya di UNNES

Surakarta – “Jangan takut masuk UNNES apapun masalahnya. Yang penting punya modal prestasi akademik dan non akademik, baik tingkat provinsi maupun Nasional. Apalagi seorang tahfidz yang hafal  30 juz,  bebas masuk. Berlomba-lombalah dalam berprestasi”. ucap Fathur Rahman Rektor UNNES

Demikian disampaikan Rektor UNNES Prof. Dr. Fathur Rahman, ketika menerima rombongan Kepala sekolah, guru dan 70 siswa MAN 2 Surakarta, Program Boarding School, di Ruang VVIP Kampus UNNES, Sekaran, Gunung Pati, Semarang, Selasa, (6/11) kemarin.

Kunjungan Kepala Sekolah, guru, dan siswa MAN 2  ke kampus UNNES itu , Pertama,  berkaitan dengan Program Pengenalan Dunia Kampus kepada siswa-siswi Boarding School yang merupakan Program Unggulan MAN 2 Surakarta.

Kedua, minat yang tinggi dari siswa-siswi MAN 2 Surakarta, untuk masuk  ke Universitas Negeri Semarang (UNNES), sebagaimana kakak-kakak kelasnya yang banyak diterima di kampus tersebut, baik melalui jalur seleksi bidikmisi maupun jalur prestasi.

Ketiga, UNNES dipilih karena aspirasi siswa yang ingin menjadi guru dan banyaknya beasiswa yang didapat.

Rektor menambahkan, ada jalinan kerja sama antara Unnes dengan  UNDIP dari berbagai disiplin keilmuan. Tercatat sampai dengan 2018 ini jumlah mahasiswa UNNES  yang telah bekerjasama dengan UNDIP sebanyak 2.858 mahasiswa.

Pimpinan Boarding School MAN 2 Surakarta, Madiono, dalam sambutannya menyampaikan bahwa siswa Boarding School perlu pemahaman tentang dunia kampus sejak dini, karena siswa – siswi saat ini sudah berada pada kelas 12. Sebentar lagi, mereka akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Anak – anak minta pencerahan tentang bagaimana caranya masuk ke UNNES melalui berbagai jalur,” terang Mardiono.

Mendengar keterangan itu, Humas Unnes, Setyo Yuwono, memaparkan tentang profil Unnes yang begitu memikat siswa siswi Boarding School, MAN 2 Surakarta.

Penjelasan yang cukup menarik dan realistis tentang program – program yang ada di Kampus  terletak dipinggir gunung Pati tersebut membuat salah satu siswi Kelas XII IPA, Ahmi Rifky Hudaya puas.

” Alhamdulillah, terus terang saya  saat ini mempunyai hafalan Qur'an kurang lebih 20 juz. Saya berharap bisa diterima di Unnes,” ungkap Ahmi Rifky mengutarakan keinginannya.  (gie-rma/bd)