80 Santri Pondok Modern Tazakka Kab. Batang Ikuti Kursus Mahir Dasar (KMD)

Batang – Dalam rangka menyiapkan kader pembina pramuka, Gerakan Pramuka Gugus Depan 02.127 Pondok Modern Tazakka Kab. Batang kembali mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD), pada Senin (24/12) dan akan berlangsung lima hari .

Kegiatan KMD  tersebut dibuka langsung oleh Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Batang, dan selama kegiatan di latih oleh para pelatih Pramuka baik dari Pusdiklatda Jawa Tengah, maupun Pusdiklatcab Batang.

Ketua Mabigus PM.Tazakka Kak Oyong  dalam sambutannya menyampaikan bahwa KMD adalah sunnah pondok yang harus dijalani oleh semua santri kelas 5 sebagai usaha kaderisasi melahirkan pembina-pembina Pramuka yang handal.

“Pramuka ini adalah salah satu pendidikan bagi santri, orientasinya kemasyarakatan dan kepemimpinan. Maka, KMD adalah bagian penting pendidikan santri dan telah menjadi sunnah pondok” jelasnya.

Dia juga mengingatkan kepada semua peserta agar saat berpramuka di KMD tidak melepas identitas keislamannya,karena Slogan kita adalah adalah We are Scout, but We are Moslem, kita Pramuka, tapi kita adalah Muslim.

“Saya ingatkan pada semua peserta agar saat berpramuka di KMD tidak melepas identitas keislamannya, ingat  slogan kita adalah We are Scout, but We are Moslem, kita Pramuka, tapi kita adalah Muslim”, tegasnya.

Adapun Pengurus Kwarcab Batang Kak Joko Purwanto  sebagai Pembina Upacara dalam amanatnya menyampaikan terima kasih kepada PM Tazakka dalam rangka mengembangkan pramuka di Kabupaten Batang.

“Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya untuk PM Tazakka atas usahanya melalui berbagai kegiatan untuk memajukan kepramukaan di Kabupaten Batang, salah satunya adalah KMD yang dibuka hari ini” ungkapnya .

Dia juga menyambut baik salah satu arah pendidikan di PM. Tazakka yang berorientasi kepada kemasyarakatan. Karena kegiatan kepramukaan adalah pendidikan non formal yang mengajarkan dan mendidik pesertanya untuk berkiprah di masyarakat kelak, kepada para peserta dia berpesan untuk sungguh-sungguh mengikuti kegiatan KMD ini agar hasilnya maksimal.

“Ikutilah kursus ini dengan baik, serap semua materi dan metode yang diajarkan. Karena kelak kalian akan membantu para pembina dan kelak juga akan menjadi pembina. Supaya ilmunya dikuasai, dan metodenya tidak salah”  pesannya.

Sementara itu Kasi PD. Pontres Kemenag Kab Batang Sugiedi, secara terpisah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada PM. Tazakka yang telah menyelenggarakan KMD dengan melibatkan para pakarnya baik dari Kwartir Cabang Batang maupun dari Kwarda Jawa Tengah.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya pada PM. Tazakka yang telah menyelenggarakan KMD dengan melibatkan para pakarnya baik dari Kwartir Cabang Batang maupun dari Kwarda Jawa Tengah”, katanya.

Sugiedi juga berpesan  pada para santri yang mengikuti kegiatan itu untuk dapat bersungguh-sungguh menimba ilmu sebagai bekal tambahan sebagai santri yang kelak akan bermanfaat bagi dirinya, keluarganya maupun masyarakat, bangsa dan negara.

“Saya berpesan pada para santri yang mengikuti kegiatan itu untuk dapat bersungguh-sungguh menimba ilmu sebagai bekal tambahan sebagai santri yang kelak akan bermanfaat bagi dirinya, keluarganya maupun masyarakat, bangsa dan negara,” pesannya. (Alam Mahardika/Zy/rf)