Dianpinru Penggalang MTSN 6 Kebumen, Tumbuhkan Jiwa Kemandirian dan Kepemimpinan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Kegiatan pramuka sebagai suatu kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di madrasah dapat menumbuhkan sikap dan mental yang baik bagi peserta didik. Selain itu juga dapat menumbuhkan jiwa kemandirian dan kepemimpinan. Untuk itulah, pangkalan pramuka MTSN 6 Kebumen mengadakan Gladian Pimpinan Regu (Dianpiru) Penggalang pada Kamis-Minggu (27-30/10/22) di MTSN 6 Kebumen.

Dianpiru Penggalang merupakan kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan, sikap, serta kepemimpinan untuk dewan penggalang dan calon pimpinan regu pramuka penggalang. Kegiatan Dianpiru di MTsN 6 Kebumen ini bertujuan untuk membekali materi kepramukaan kepada seluruh dewan penggalang dan pimpinan regu, sehingga memiliki kecakapan pengetahuan dan keterampilan untuk mendampingi adik-adiknya dalam kegiatan kepramukaan.

Kegiatan Dianpiru yang diikuti oleh 88 calon dewan dan pimpinan regu pramuka penggalang ini dibuka pukul 07.30 WIB oleh kamad MTsN Kebumen (Mohamad Makhi). Dalam sambutannya, kamad MTsN 6 Kebumen berpesan kepada seluruh dewan penggalang dan calon regu pramuka untuk mengikuti kegiatan ini dengan tertib. “Selamat kepada seluruh dewan penggalang dan calon pimpinan regu yang sudah terpilih untuk mengikuti kegiatan ini. Ikuti dan laksanakan dengan tertib setiap materi dari bapak/Ibu pembina, sehingga kalian semua dapat mengimplementasikan dan menjadi contoh yang baik bagi teman-teman dan adik-adik kelas kalian,”pesannya.

Para dewan penggalang dan calon pimpinan regu dalam kegiatan Dianpiru ini akan mendapatkan materi kepemimpinan, dinamika kelompok, tata upacara, tali-temali, sandi morse, Syarat Kecakapan Umum (SKU), Tanda Kecakapan Umum (TKU), dan Tanda Kecakapan Khusus (TKK). Pemateri dalam kegiatan ini yaitu waka kesiswaan dan pembina pramuka yaitu Fauzin Jamil, Lusi Sabarwati, Nur Edi Setiyono, Siti Nur Jannah, Mustika Puspitaningtyas, serta Saiman.

Acara puncak Dianpiru akan ditutup dengan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang akan digelar Jumat-Sabtu di halaman MTsN 6 Kebumen. Salah satu pembina pramuka, Nur Edi Setiyono usai mengisi materi SKU menyampaikan harapannya dari kegiatan persami ini. “Dengan diadakannya kegiatan persami ini diharapkan dapat menumbuhkan minat kepramukaan dan melatih kemandirian serta kedisiplinan dari para dewan dan calon pimpinan regu penggalang pramuka MTsN 6 Kebumen. (ww/fz/bd).