Agnes, siswi MA Al-Hidayat Ikuti Lomba Duta Moderasi 2021

Rembang – Agnes Putri Setyaningrum, siswi MA Al-Hidayat, Lasem Rembang maju mengikuti lomba pemilihan Duta Moderasi Beragama Tahun 2021. Lomba ini digelar oleh Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam dengan rentang waktu 1 – 31 Mei 2021.

Tema yang diusung dalam lomba ini adalah, ‘Duta Harmoni : Duta Hebat Bermartabat, Moderat dan Anti Korupsi’ dan diperuntukkan bagi peserta didik Madrasah Aliyah se-Indonesia.

Dalam lomba ini, Agnes mengirimkan  konsep Rencana Aksi Kegiatan berdasarkan pengalaman dan 1 file video rekaman berisi aktivitas yang sudah dilakukan peserta terkait dengan moderasi beragama. Adapun video, Agnes mengkampanyekan moderasi beragama dengan video bertajuk ‘Merangkul Bukan Memukul’. melalui kanal Youtube Pondok Pesantren Kauman Lasem.

Di video ini, Agnes memaparkan tentang kebeeradaan MA Al-Hidayat dan Ponpes Kauman Lasem yang terletak di tengah-tengah daerah Pecinan, Lasem.
Menurut Agnes, meskipun berada di tengah-tengah masyarakat yang memiliki etnis, agama  dan budaya yang berbeda, namun siswa-siswi MA Al-Hidayat Lasem mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

“Dalam Islam diajarkan sikap saling menghargai antar sesama, meskipun beda agama. Kita tidak boleh mengucilkan penganut agama lain di sekitar kita. Kepada tetangga yang berbeda agama, kita harus memperlakukannya sebagai saudara sesama manusia. Tolong-menolong, saling memberi makanan, dan sebagainya,” sebutnya dalam video pendek yang berdurasi sekitar 2,5 menit itu.

Agnes sendiri merupakan pelajar MA Al-Hidayat asli Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Gadis kelahiran 7 April 2005 ini memiliki sederet prestasi, antara lain juara kelas 1 pararel,  juara III OSN se- Karesidenan Pati,  dan Juara 2 Baca kitab tingkat Kecamatan Lasem.

Pemenang lomba ini akan diumumkan pada 5 Juni 2021. Nurul Hidayah, Kepala MA Al-Hidayat meminta dukungan segenap warga Rembang untuk Agnes ini. — iq