Airbus 330, Pesawat Pembawa Jemaah Haji Embarkasi Solo

Semarang (PHU) – Dalam rangka persiapan operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1439 H/ 2018 M Kementerian Agama telah menyiapkan dua maskapai pernerbangan untuk melayani jemaah haji Indonesia yaitu, Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines demikian disampaikan Thohir Luthfi Kepala Seksi Akomodasi, Transportasi, dan Perlengkapan Haji pada Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

"Untuk Embarkasi Solo akan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan jenis pesawat Airbus 330," terang Thohir saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (20/03).

Menurutnya, calon jemaah haji Embarkasi Solo tahun ini akan diberangkatkan dengan asumsi sebanyak 95 kloter. Dalam hal ini Garuda Indonesia akan mengangkut penumpang sebanyak 34.112 dari Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terkait dalam hal penyusunan pramanifest penumpang dan pengelompokan kloter mengacu pada jumlah seat yang ada di pesawat. Untuk satu pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus 330 mempunyai kapasitas 360 seat.

"Penyusunan kloter jemaah haji tahun ini menggunakan susunan tiap satu kloter terdiri dari 355 calon jemaah haji dengan didampingi 5 orang petugas," katanya.

Saat ditanyakan mengenai sistem qur'ah kloter di Embarkasi Solo tahun ini, beliau menjelaskan akan dibahas dengan seluruh jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten dan Kota. (djs/gt)