Akreditasi Madrasah Instrumen Penjamin Mutu

Semarang – Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2016 berusaha keras agar madrasah mampu memenuhi 8 (delapan) standar nasional pendidikan. Seperti cara yang dipakai oleh pemerintah dalam menilai kelayakan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan.

Demikian disampaikan Siti Mutmainah, Kasi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah di Bidang Pendidikan Madrasah pada kegiatan Bimbingan Teknis (bimtek) Pengembangan Madrasah Efektif yang dilaksanakan di hotel Muria Jl. Dr. Cipto No. 73 Semarang (28/02).

Mutmainah menyampaikan bahwa salah satu faktor untuk mencapai kemudahan dan efektif untuk menjaga madrasah secara kelembagaan agar mampu mencapai sesuai amanat dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional harus di adakan bimtek penguatan tentang akreditasi.

“Akreditasi merupakan salah satu instrumen kebijakan pemerintah yang digunakan sebagai salah satu strategi penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan nasional,” papar Mutmainah kepada peserta .

Dalam persoalan akreditasi dari Bidang Pendidikan Madrasah terus berupaya meningkatkan mutu, daya saing, dan relevansi pendidikan Islam, termasuk madrasah, sesuai dengan Standart Nasional Pendidikan (SNP). Langkah yang diambil dengan menyelenggarakan kegiatan berupa Bimtek Pengembangan Madrasah Efektif dan Sehat, Bimtek Administrasi Akreditasi Madrasah, Bimtek Perencanaan dan Penganggaran Madrasah, dan Bimtek Kurikulum dan Pembelajaran.

“Menurut jadwal Bidang Pendidikan Madrasah akan menyelenggarakan 4 jenis bimtek tersbagi dalam 8 (delapan) angkatan sehingga secara keseluruhan berjumlah 32 angkatan, yang dilaksanakan mulai 12 Februari hingga 3 Juni 2016,” papar Mutmainah.

Berdasar data peserta yang mengikuti bimtek seperti yang tercantum dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2016, tiap angkatan berjumlah 45 orang berasal dari MI, MTs dan MA. 

Madrasah-madrasah yang terdata untuk mengikuti bimtek akan diakreditasi di tahun 2016, dan supaya berurutan rangkaian bimtek telah diawali dengan Bimtek Pengembangan Madrasah Efektif dan Sehat angkatan I dan angkatan II pada tanggal 12 – 15 Februari 2016 dan diakhiri dengan Bimtek Kurikulum dan Pembelajaran angkatan 8 pada tanggal 31 Mei – 3 Juni 2016. (ali/gt).