Simulasi UNBK Tahap 2 MAN 4 Boyolali

Boyolali (Humas MAN 4) – Kesuksesan pelaksanaan UAMBNBK (Ujian Akhir Madrasah Berstandard Nasional Berbasis Komputer) dan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Computer) bukan hanya terletak pada kemampuan siswa dalam menguasai materi pembelajaran, tetapi juga pada kesiapan siswa dalam mengerjakan soal berbasis computer. Selama 3 tahun siswa telah terbiasa mengerjakan soal pada lembar jawaban, namun pada ujian akhir siswa harus menjawab soal dengan menggunakan perangkat elektronik. Hal ini tentu membutuhkan penyesuaian yang tidak sebentar.

Dalam pelaksanaan UNBK, sebenarnya ada beberapa tahapan, yakni Simulasi 1, Simulasi 2, gladi bersih UNBK utama dan susulan. Hal ini bertujuan untuk melatih siswa agar terbiasa dengan perangkat yang akan digunakan dalam pelaksaan sehingga pada saat pelaksanaan UNBK siswa tidak merasa canggung terhadap perangkat yang dipergunakan untuk mejawab soal.

Siswa Kelas XII MAN 4 Boyolali pada hari Rabu (07/02) mengikuti simulasi tahap 2 yang dimulai pukul 07.15 WIB di Laboratorim Komputer yang telah disediakan. Sebelumnya siswa telah mengikuti simulasi tahap 1 yang juga diselenggarakan oleh MAN 4 Boyolali. Simulasi ini dilaksanakan sebagai bentuk uji coba /percobaan bagi siswa dalam  melaksanakan UNBK. dan juga evaluasi kesiapan bagi penyelenggara dalam memfasilitasi siswa untuk mengerjakan soal UNBK.

Kepala Madrasah,  Joko Triyono, berharap dengan adanya simulasi ini siswa-siswi mampu memahami sistem dam teknis pelaksanaan UNBK, mengerti bagaimana bentuk soalnya, serta cara mengerjakan / menjawab soal UNBK.

“Diharapkan dengan adanya simulasi UNBK ini, siswa dan siswi mendapat gambaran tentang pelaksanaan UNBK mendatang,” ujarnya

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) bersama Kemendikbud ( Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) telah mengeluarkan surat edaran yang berisi kisi-kisi UN dan USBN. Tentu saja dengan adanya kisi2 tersebut merupakan bocoran soal kecil, karena berisi kerangka materi sesuai SKL (standar Kompetensi Kelulusan) pendidikan Nasional. Sukses UAMBNBK, sukses UNBK, sukses MAN 4 BOYOLALI. (Ita/jaim)