AKSIOMA Ajang Tumbuh Kembangkan Kemampuan Siswa Madrasah

Sragen – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen yang diwakili Pengawas Madrasah, Amin Sarwati menyampaikan bahwa setiap peserta Aksioma hendaknya mengeluarkan kemampuan terbaiknya, dan juga melakukannya dengan jiwa sportif.

“Saya minta anak-anak sekalian dapat bersaing secara sportif dan mengeluarkan terbaiknya dalam lomba ini, sehingga akan mengaharumkan nama madrasahnya”, demikian diungkapkan Amin Sarwati saat menyampaikan sambutan dan pengarahan saat mewakili Kepala Kankemenag Sragen dalam Ajang Kreatifitas Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) tingkat MA yang diadakan K3M MA Rabu (26/04) di MAN 1 Sragen.

AKSIOMA sebagai kegiatan yang mendukung kebugaran dan kesehatan siswa madrasah  sudah terlaksana sejak tahun 2009 harus tetap dipertahankan dan dari tahun ke tahun semakin semarak dalam pelaksanaannya. Bahkan tahun ini ditambah dengan lomba yang paling diminati yakni futsal.

Dengan varian cabang yang diperlombakan dimaksudkan membuka peluang yang sebesar-sebesarnya bagi potensi siswa yang dimiliki madrasah agar dapat mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing serta menumbuhkembangkan kreativitas mereka.

Ketua Panitia Aksioma yang juga kepala MAN 1 Sragen, Sumiran menyampaikan bahwa AKSIOMA tahun ini diikuti oleh para juara tingkat madrasah dengan jumlah lomba sebanyak 7 cabang.

“Tahun ini lomba diikuti 9 MA di Sragen dengan lomba sebanyak 7 cabang yakni Pidato Bahasa Inggris , Singer, MTQ, Kaligrafi, Bulutangkis, Tenis Meja dan Futsal. Semua lomba untuk kategori putra dan putri kecuali futsal hanya untuk putra saja” jelas Sumiran.

Setelah terlaksana seharian, pada sore hari panitia menyampaikan hasil AKSIOMA sebagai berikut :

  1. Indah Liftiana (MA Nurul Huda Plosorejo) juara 1 Pidato Bahasa Inggris Putri
  2. Fariz Wiradaya (MA Ibnu Abbas Masaran) juara 1 Pidato Bahasa Inggris Putra
  3. Salsabella Nivitriana (MAN 1 Sragen) juara 1 Singer Putri
  4. Anas Asyam Daffa (MAN 1 Sragen) juara 1 Singer Putra
  5. Murni Caturwati (MAN 2 Sragen) juara 1 MTQ Putri
  6. Mush’ab (MA Ibnu Abbas Masaran) juara 1 MTQ Putra
  7. Salsabila Khairana (MA Nurul Huda Plosorejo) juara 1 Kaligrafi Putri
  8. Irvan Adi Prasetya (MA Nurul Huda Plosorejo) juara 1 Kaligrafi Putra
  9. Sito Luthfi Gunawan (MAN 1 Sragen) juara 1 Bulutangkis Putra
  10. Rahmad Akbar (MAN 1 Sragen) juara 1 Bulutangkis Putra
  11. Erlin Mega Nur Hasanah (MA NU Gondang) juara 1 Tenis Meja Putri
  12. Yazin Kun Abdillah (MA Ibnu Abbas Masaran) juara 1 Tenis Meja Putra
  13. MAN 1 Sragen juara 1 Futsal

Seusai acara Amin Sarwati berharap agar para pemenang nantinya bisa membuat bangga Kabupaten Sragen di tingkat provinsi bahkan kalau bisa nasional.

“Semoga para pemenang AKSIOMA tahun ini bisa berjaya di tingkat provinsi bahkan mudah mudahan sampai tingkat nasional”, harapnya.

Melalui AKSIOMA harapannya kualitas madrasah baik itu akademis maupun skill lainnya dari peserta didik dapat semakin meningkat karena wadah untuk mengasahnya.

 

“Selain itu semoga dengan ajang ini bisa memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di madrasah” imbuhnya. (amin/ira1)