AKSIOMA Wahana Aktualisasi Diri Meningkatkan Marwah Pendidikan Madrasah

Cilacap – Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) memiliki peran strategis sebagai wahana aktualisasi diri. Kearifan pendidikan madrasah dituangkan melalui seni dan olahraga ditujukan untuk lebih membuka mata masyarakat luas. Sehingga publik akan semakin mengenal jati diri madrasah.

Agama sebagai sesuatu yang mengatur hidup manusia agar selamat dunia akhirat memiliki cakupan dalam seluruh aspek kehidupan. Tidak ada sesuatupun yang tidak diatur dalam agama. Hanya saja keterbatasan pengetahuan manusia sehingga ada yang menganggap seni dan olahraga tidak ada kaitannya dengan agama.

Di dalam kitab Quran maupun hadits seluruh aspek kehidupan manusia sudah diatur di dalamnya, termasuk olah raga dan seni. Selain untuk kesehatan juga sebagai wahana silaturahmi yang sangat efektif. Kompetisi seni dan olahraga sekaligus sebagai cermin kebrhasilan pendidikan madrasah. Nilai-nilai agama yang dipelajari diharapkan mampu mewarnai kualitas yang dihasilkan.

Hal tersebut disampaikan Kakankemenag Kab. Cilacap melalui Kasi Pendidikan Madrasah, Makmur Khaeruddin sesaat sebelum membuka AKSIOMA MTs tingkat Kabupaten Cilacap, Sabtu (17/3) di MTsN 2 Cilacap.

“Unsur kejujuran dan sportifitas dalam berkompetisi merupakan nilai tertinggi yang didapatkan oleh seluruh peserta. Inilah hakikat kejuaraan yang hakiki, yakni menjadi manusia yang jujur. Sehingga semua bisa menjadi juara dan juara di sini tidak hanya tiga. Sedangkan kajuaraan secara fisik atau lahiriah, yakni satu, dua, dan tiga hanyalah sebagai sarana pendorong atau pemacu semangat. Dengan semangat maka kemampuan seseorang akan berada pada level yang tinggi. Sehingga segala sesuatu akan terasa lebih mudah dan ringan. Semangat sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas madrasah sehingga memiliki marwah yang lebih tinggi di masyarakat,”Tegasnya.

Sementara itu, cabang seni yang dikompetisikan terdiri atas MTQ, Tahfidz, Kaligrafi, Pidato bahasa Indonesia, Pidato bahasa Arab, Pidato bahasa Inggris, dan nyanyi tunggal. Sedangkan cabang olahraga mempertandingkan bola voli, futsal, sepak takraw, badminton, tenis meja dan atletik berupa lari 100 m dan 1000 m.(On/bd)