Apresiasi Prestasi Dennis, Kemenag Kota Semarang akan Berikan Beasiswa

Semarang – kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Mukhlis Abdillah berkunjung ke kediaman Ardennis Maulana Firzany, siswa MI Miftahul Huda, Kaligetas, Mijen, Kota Semarang pada Rabu (28/10/2021). Kakankemenag didampingi oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Dikmad) Kemenag Kota Semarang, H. Mokh. Fatkhurronji.

Dennis adalah satu-satunya peserta didik dari madrasah di Kota Semarang yang berhasil melenggang ke perhelatan KSM tingkat nasional jenjang MI yang sudah digelar pada 22-25 Oktober 2021. Dennis beserta peserta lainnya dari Jawa Tengah mengikuti KSM secara online dari MAN Insan Cendekia, Kota Pekalongan.

Kondisi rumah Dennis cukup memprihatinkan. Lokasi rumahnya terpencil di tengah hutan jati. Untuk menuju ke rumah Dennis, harus melewati jalan setapak dari tanah di tengah-tengah hutan jati. Tetanggapun hanya dua keluarga saja. Dennis tinggal bersama orang tua dan adiknya.

Dari kunjungan Kakankemenag dan Kasi Dikmad, terkuat Dennis berasal dari keluarga yang kurang mampu. Ayahnya hanya berprofesi sebagai tukang besi. Sedangkan untuk berangkat sekolah, Dennis menempuhnya dengan berjalan kaki melewati hutan jati.

Kondisi Dennis tersebut rupanya mematahkan semangat Dennis untuk mengejar cita-citanya dan tetap berprestasi. Dengan segala keterbatasannya, Dennis yang merupakan siswa kelas 6 MI Miftahul Huda, Kaligetas, Mijen, Kota Semarang  ini rajin belajar. Sehingga ia mampu mengukir prestasi di ajang KSM tingkat Jawa Tengah.

Atas prestasi itu, Kakankemenag memberikan penghargaan berupa beasiswa plus uang saku pendidikan Dennis ke jenjang berikutnya yaitu MTs. Hal itu disampaikan Kakankemenag kepada kedua orang tua Dennis di rumahnya yang masih beralas tanah itu. Kakankemenag berharap, prestasi Dennis menjadi pemicu siswa madrasah lainnya.

“Dennis akan melanjutkan pendidikan me MTsN 1 Semarang. Kita akan support biaya sekolah dan akomodasi boardingnya. Rencananya kami akan menggandeng UPZ dan Baznas setempat,” kata Mukhlis.

Atas kunjungan dan dukungan terhadap pendidikan Dennis ini, pihak orang tua menyampaikan terima kasih kepada Kemenag Kota Semarang. (iq/bd)