Apresiasi Seni sebagai Layanan Pendidikan RA

Banjarnegara – Perkembangan otak pada masa  anak-anak berjalan sangat efektif. Rasa ingin tahu, ingin mencoba juga  bakat  mulai muncul.  Dimasa ini pula potensi akademis dan non akademis dari anak bermunculan dan sangat potensial untuk di salurkan ke berbagai bidang pendidikan,  salah satunya adalah pendikan seni di usia dini.

Tahun 2017 IGRA (Ikatan Guru Raudlatul Atfal) Kabupaten Banjarnegara dalam layanan pendidikan  di tingkat RA memiliki program Apersiasi Seni.  Hari ini (22/03) diselenggarakan Apresiasi Seni RA  di Golden dan Lapangan Futsal Surya Yudha Banjarnegara. 

Kegiatan yang bertujuan menyalurkan bakat  minat seni anak  didik, membentuk karakter sosial emosial anak  serta  menambah wawasan dan pengalaman tentang seni kali ini  diramaikan oleh 925  siswa RA dari 24  lembaga  dari wilayah Karangkobar, Kalibening dan Wanayasa, “Jumlah tersebut ditambah orang tua  sehingga jumlah yang hadir sekitar 2000 orang,” jelas Ketua IGRA Umu Rosidah  dalam sambutannya.

“Dengan  kegiatan Apreasiasi Seni ini juga sebagai media memperkenalkan RA kepada masyarakat umum,” imbuhnya. Tema yang diusung dalam kegiatan adalah  membangun kebersamaan menggali potensi dan mengembangkan kreatifitas anak RA.

Senada dengan Ketua IGRA Pengawas RA/MI Amron menyambut baik terlaksana kegiatan, berpesan kepada  peserta RA  untuk tidak malu dan bisa mengeluarkan kemampuan potensinya pada apresiasi seni ini. “Kegiatan 2 tahunan ini semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya  dan semoga diberikan  kelancaran,”  harapnya.

Amron juga berpesan nantinya anak didik dari RA untuk  bisa melanjutkan pendidikan  ke tingkat selanjutnya di Madrasah Ibtidaiyah, agar pendidikan agama tetap lanjut dan pembentukan akhlak dengan berdasar agama terjaga. (Nangim/Af)