Audiensi Dengan Kakanwil, Usaid Prioritas Harapkan Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah

Semarang – Tim dari USAID PRIORITAS Jawa Tengah menggelar audiensi dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Kamis pagi (22/09) di Kantor Kanwil Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang. Tim USAID PRIORITAS yang diwakili oleh Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Jawa Tengah Nurkholis diterima pukul 09.30 WIB oleh Pgs. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Saifuddin Zuhri dengan didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Jamun.

Nurkholis memaparkan bahwa tujuan audiensi ini adalah menyampaikan update kegiatan yang dilaksanakan oleh USAID PRIORITAS. Pada kesempatan itu Nurkholis juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini USAID PRIORITAS akan menfasilitasi penyusunan perencanaan Program Peningkatan Tata Kelola Guru yang terfokus pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui dua kegiatan, yaitu workshop penyusunan perencanaan PKB dan diseminasi praktik yang baik di tingkat provinsi serta pendampingan penyusunan perencanaan yang dilakukan di masing-masing Kabupaten Mitra. Sasarannya adalah 63 MI dan MTs di 7 Kabupaten mitra USAID PRIORITAS Provinsi Jawa Tengah (Semarang, Sragen, Banjarnegara, Purbalingga, Batang, Pekalongan, Wonosobo).

”Program USAID Prioritizing Reform, Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students (PRIORITAS) sudah berjalan 4 tahun sejak tahun 2012, tahun ini adalah tahun terakhir pelaksanaan kegiatan dan program ini akan berakhir di bulan April 2017,” tutur Nurkholis.

Kegiatan-kegiatan USAID PRIORITAS yang diantaranya adalah penyelenggaraan pelatihan untuk meningkatkan mutu pendidikan guru, pelatihan fasilitator daerah, lokakarya dalam pembelajaran manajemen berbasis sekolah dan program budaya baca untuk madrasah pada intinya bertujuan untuk memperluas program peningkatan mutu pendidikan madrasah. Pelaksanaan semua program tersebut, ungkap Nurkholis telah diawali dengan penandatangan kerjasama antara United States Agency for International Development (USAID) dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI awal 2016 lalu.

“Pada awal 2016 lalu USAID PRIORITAS juga melakukan distribusi bantuan hibah buku bacaan kepada 300 Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam rangka meningkatkan kemampuan pemahaman membaca bagi siswa-siswa MI,” tambah Nurkholis.

Sementara itu, Syaifuddin Zuhri menyampaikan terima kasih atas partisipasi USAID PRIORITAS dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Dikatakan oleh Kakanwil bahwa pendidikan akan maju jika ada 2 (dua) hal, pertama adanya partisipasi, baik itu dari lembaga, masyarakat maupun perorangan. Program-program yang diselenggarakan USAID PRIORITAS ini, lanjut Syaifuddin Zuhri merupakan salah satu bentuk partisipasi lembaga dalam memajukan pendidikan. Yang kedua adanya metoda/cara, pengelolaan dan pelaksanaan program pendidikan harus dilakukan dengan baik dan secara benar. “Selain dua hal tadi, inovasi juga sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan, termasuk program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini,” imbuh Syaifuddin.

Pada kesempatan yang sama, ucapan terima kasih dan apresiasi kepada USAID PRIORITAS juga disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Jamun. “Kerjasama dengan USAID PRIORITAS ini memberikan dampak positif yang telah dirasakan oleh madrasah secara langsung dan juga memberikan daya ungkit terhadap peningkatan kualitas pendidikan di madrasah. Karena itu kami sangat mendukung adanya program ini,” kata Jamun. [asyiq/gt]