Siapkan UN, MTsN Salatiga Gelar Pelatihan ESQ

Salatiga – Sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN), Madrasah Tsanawiyah Negeri Salatiga menggelar pelatihan Emosional Spiritual Question (ESQ) di MTsN Salatiga, Sabtu (11/03). ESQ ini menghadirkan pelatih Yus Ibnu Yasin dan Agus Wiyono dari Ari Ginanjar Agustian Center Semarang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Wuryadi mengatakan, tujuan doa bersama dan pelatihan ESQ ini adalah untuk lebih memantapkan mental spiritual siswa dalam menghadapi UN. “Selain itu, memberikan kesadaran kepada anak agar selalu ingat bahwa semua aktivitas yang kita lakukan tidak terlepas dari kehendak Allah SWT,” ungkap Wuryadi.

Selaras dengan Kakankemenag, Kepala MTsN Salatiga, Sugiyanto menyatakan, pelatihan ESQ diadakan untuk meningkatkan kompetensi kelulusan dan mempersiapkan mental anak didik menghadapi UN. “Kita upayakan mengadakan kegiatan yang bersifat membina jiwa dan raga. Kegiatan ini juga untuk mengembangkan daya kreatif dan inisiatif serta menambah semangat dalam membangun prestasi siswa dalam bidang akademik guna kepentingan perencanaan selanjutnya,” kata Sugiyanto.

Sugiyanto mengajak siswa untuk lebih giat belajar terutama pada mata pelajaran yang di UN kan. “Kami meminta anak – anak untuk tidak banyak aktivitas di luar rumah dan menghindari hal–hal yang tidak diinginkan,” pintanya.

Diakhir acara para siswa bersama para guru saling bersalaman dan suasana haru serta penuh kekeluargaan sungguh kami rasakan. “Semoga acara ini bisa bermanfaat untuk para siswa khususnya dalam persiapan menempuh Ujian Nasional,” pungkasnya. (KK/gt)