Baznas Salurkan Rp 140 juta Untuk Yatim Piatu

Rembang — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rembang menyalurkan infaq kepada 700 anak yatim piatu. Penyaluran ini merupakan penyaluran program Rembang peduli tahap II yang diberikan bertepatan dengan peringatan tahun baru Hijriah 1440.

Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis bersamaan dengan peringatan Hari Olah Raga Nasional oleh Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz Selasa (11/9) pagi di alun-alun Rembang.

Ketua Baznas Rembang, Wahid Hazby mengatakan semua dana yang terhimpun di Baznas berasal dari ASN dan masyarakat. “Ada juga warga lura Rembang yang menitipkan sebagian rejekinya ke Baznas Rembang,” kata Hasby.

Diterangkannya, pendistribusian zakat, infaq dan shodaqoh tahap II tahun ini disalurkan untuk fakir miskin sebanyak 700 orang masing- masing mendapat Rp. 700 ribu. Kepada 700 anak yatim piatu masing-masing Rp. 200 ribu.

Selain itu juga kepada 210 Mubaligh, 210 Guru Madin dan 210 Marbot yang masing-masing mendapat Rp 300 ribu. Ada pula bantuan tempat cuci kaki di 56 masjid/ mushala per per unit Rp. 5 juta.

“Kami juga memberikan santunan kepada 25 Lansia selama 6 bulan, setiap lansia mendapat Rp. 360 ribu perbulan. Ada pula batuan untuk masyarakat yang punya rumah tidak layak huni. Sebanyak 7 KK. Per KK mendapatkan Rp. 10 juta. Juga kepada 133 siswa tidak mampu masing-masing mendapatkan Rp 300 ribu,” urainya.

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho'illah menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada ASN Kemenag Rembang yang telah berpartisipasi dalam menyalurkan zakatnya melalui Baznas. Menurutnya, zakat ASN adalah untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera, — iq/bd