Bentuk Pribadi Siswa, MTs Miftahul Falah Gelar Kegiatan Pramuka

Rembang – Sebagai langkah pengenalan siswa baru terhadap lingkungan sekolah, MTs Miftahul Falah, Desa Sridadi, Kecamatan Rembang menyelenggarakan kegiatan Pramuka selama dua hari, yaitu Sabtu – Minggu, (28-29/7/2018) di halaman MTs Mifathul Falah.

Selama dua hari, siswa baru yang berjumlah 105 orang itu ditempa dengan berbagai kegiatan yang melatih kemandirian siswa. Pada hari pertama, diadakan upacara pembukaan. Dilanjutkan dengan beberapa kegiatan yang bersifat seru dan menantang. Antara lain sepeda lambat, lomba lempar air, estafet tepung, estafet sarung, dan tarik tambang.

Pembina Pramuka, Hamzun mngatakan, pada kegiatan ini, peserta didik baru juga diajarkan untuk disiplin melaksanakan ibadah, yaitu dengan melakukan sholat wajib berjamaah.

“Siswa baru juga dididik untu menjadi mandiri dengan memasak sendiri menu makanan mereka,” katanya.

Pada Sabtu malam, anggota Pramuka kelas 7 ini menggelar acara ramah tamah, yaitu api unggun. Pada sesi ini, setiap regu menampilkan karya seni hingga menjelang tengah malam.

Sedangkan pada hari kedua, siswa ditempa untuk berpetualang di lapangan, yaitu dengan mencari jejak di beberapa lingkungan sekitar sekolah dari pukul 08.00 hingg sekitar pukul 11.00 WIB.

Para peserta tampak bersemangat mengikuti serangkaian kegiatan tersebut. Hamzun mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat membentuk kepribadian siswa menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Semua kegiatan yang diadakan selama dua hari ini diharapkan bisa berdampak pada karakter siswa yang kuat, mandiri, dan berprestasi. Sebab, mereka sudah memasuki usia remaja,” kata Hamzun. – ita-iq/bd