081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Arifin: Jika Ada Yang Menghalang-halangi, Laporkan !

Surakarta (Humas) – Dalam rangka melaksanakan program kegiatan Kampung Moderasi Beragama 2024, pengurus Kampung Moderasi Beragama Kec. Jebres Kota Surakarta melaksanakan acara Jalan Sehat bersama warga pada Minggu (25/08/2024). Acara diikuti ratusan warga Sudiroprajan beserta tamu undangan.

Mewakili Kepala Kemenag Kota Surakarta, Muhammad Arifin, Kasi Bimas Islam dalam sambutannya menjelaskan tentang Kampung Moderasi Beragama.

“Intinya, moderasi beragama itu adalah upaya pemerintah untuk bagaimana kemudian para pemeluk agama, apapun agamanya, harus memiliki sifat moderat. Artinya, tidak ekstrim. Baik Islam, Kristen dan semuanya”, ungkapnya.

Arifin menambahkan bahwa moderasi beragama itu berlaku bagi semua. “Jangan dipikir itu untuk Islam saja. Tapi, semua yang berada di Indonesia bahkan mempunyai kewajiban untuk memahami apa itu moderasi beragama”, bebernya.

Arifin mengajak program ini bisa dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga harapannya dengan moderasi beragama kita semuanya bisa rukun.

“Kalau sudah rukun tentu mudah untuk melaksanakan pembangunan, melaksanakan persatuan yang akhirnya Indonesia bisa menjadi maju”, imbuhnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa Kemenag mewujudkan program Kampung Moderasi Beragama, di kecamatan Jebres, tepatnya di kelurahan sudiroprajan sebagai usaha bersama menjadikan umat beragama masing-masing saling hormat menghormati, toleransi dan bisa melaksanakan ibadahnya sesuai dengan ajaran agamanya.

“Kalau panjenengan melihat atau menyaksikan sesuatu yang menghalang-halangi (kegiatan keagamaan), bisa dilaporkan ke Pak Lurah”, ungkapnya.

Karena menurutnya, itu menjadi hak setiap warga negara untuk melaksanakan agamanya.

Kegiatan yang cukup meriah itu, diramaikan dengan puluhan UMKM warga setempat yang menyajikan berbagai menu dagangannya didepan kantor kelurahan. Yang lebih menarik lagi, ratusan hadiah dari berbagai sponsor dan simpatisan, menjadikan acara jalan sehat itu semakin meriah.

Selain dari Kemenag, acara dihadiri tokoh agama, masyarakat, dan lurah setempat. (Sol/bel)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content