Dakwah Kontekstual, Penyuluh Agama Islam Kab. Banjarnegara Gelar Baksos Kurban dan Cek Kesehatan Gratis

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara mengelar bakti sosial kurban dengan 1 ekor sapi dan Cek Kesehatan Gratis pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H di dukuh Tanjung Desa Sirkandi Kecamatan Purwareja Klampok, pada hari Senin, (11/07/2022).

Hadir dalam Kegiatan ini, Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, H. Karsono, didampingi Kepala Seksi Bimas Ali Mustofa, jajaran Forkompimcam, Pemerintah desa Sirkandi, Tenaga Kesehatan dari RSI Banjarnegara dan 16 Penyuluh Agama Islam Fungsional, serta 8 PAI non PNS kecamatan Purwareja Klampok.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, H. Karsono dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pokjaluh kabupaten Banjarnegara yang telah hadir langsung di tengah-tengah masyarakat dengan menyalurkan kurban.

 “Saya sangat mengapresiasi Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam, yang secara rutin melaksanakan bakti sosial pemotongan hewan kurban, di tengah masyarakat yang belum banyak melaksanakan ibadah urban, tentu wujud kepedulian terhadap sesama,” tuturnya.

“Kegiatan baksos kurban ini merupakan langkah cerdas para Penyuluh Agama Islam untuk mengedukasi masyarakat tentang berkurban melalui  dakwah kontekstual,” lanjutnya.

Di akhir sambutannya beliau berharap kegiatan baik ini hendaknya ditiru oleh Kelompok-kelompok Kerja  lain,

“Saya berharap Kegiatan baik ini hendaknya ditiru oleh Kelompok-kelompok Kerja  lain, alhamdulillah  APRI  (Asosiasi Penghulu Republik Indonesia ) juga sudah melaksanakan berkurban meski polanya tidak sama dengan yang ditempuh oleh Penyuluh, dan kedepan APRI hendaknya menduplikasi kegiatan kurban seperti Pokjaluh karena dirasa lebih bermanfaat dan tepat sasaran. Sementara Pokjawas (kelompok Kerja Pengawas) tahun depan harapannya juga bisa melaksanakan kurban sebagaimana Pokjaluh dan APRI,” pungkasnya.

Sementara itu, Sonhaji Camat Purwareja Klampok, dalam kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Agama Kab. Banjarnegara yang peduli kepada warga Sirkandi,

“Selamat kepada pokjaluh Banjarnegara yang telah melaksanakan baksos kurban, ini benar-benar tepat sasaran pemilihan tempat yang sesuai karena warga masyarakat sirkandi yang sehari-hari tidak makan daging, kurban ini selain sebagai peningkatan gizi juga edukasi pada masyarakat, semoga menambah keberkahan keluarga Kemenag Banjarnegara” ujarnya.

Nasirin, selaku ketua Pokjaluh menyampaikan bahwa baksos ini merupakan bagian dari dakwah bil hal, “Tujuan dari baksos kurban Pokjaluh ini, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat yang sebelumnya belum banyak melaksanakan kurban sehingga termotivasi dan tergugah hatinya untuk berkurban. Kita sebagai penyuluh Agama Islam juga tidak hanya dakwah bi lisan tetapi juga dakwah bil hal,” jelasnya.

Di samping baksos pemotongan sapi, POKJALUH juga mengimplementasikan program LARASATI antara Kemenag Banjarnegara dengan RSI Banjarnegara dengan menggelar secara bersama Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi warga dukuh Tanjung Sirkandi dan disambut dengan antusias oleh warga. 

Ustaz Gatot selaku koordinator lapangan dari RSI menyampaikan bahwa warga yang melakukan pemeriksaan kesehatan mencapai 90 jiwa yang mayoritas mengalami gangguan kesehatan ringan.

Kepala Seksi Bimas Islam Ali Mustofa yang mendampingi kegiatan dari awal sampai akhir mengapresiasi pokjaluh, “saya mengucapkan terima kasih kepada POKJALUH dengan soliditas yang kokoh mampu melaksanakan kegiatan secara mandiri yang bermanfaat untuk masyarakat. Dan yang demikian selaras dengan semangat Penyuluh Agama Islam Bergerak melayani umat,” demikian pungkas Ali.  (dr/am/rf)