Kegiatan Unggulan SDN Tawang Mas 01

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – SDN Tawang Mas 01 yang berlokasi di Kel. Tawangmas, Kec. Semarang Barat, rutin melaksanakan salat Jumat di sekolah. Demikian diterangkan oleh GPAI setempat, Nurodin, ketika didatangi Pengawas PAI Kankemenag Kota Semarang, Selasa (5/9/2023). “Salat Jumat merupakan kegiatan wajib yang diterapkan di SDN Tawang Mas 01. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih atau membimbing peserta didik, terutama siswa kelas 5 dan 6, agar terbiasa untuk melakukan salat Jumat,” ujarnya.

“Salat Jumat di sekolah diikuti oleh Bapak dan Ibu guru muslim, serta siswa-siswi muslim kelas 5 dan 6,” imbuhnya.

Ia menerangkan, dalam kegiatan salat Jumat, siswa laki-laki kelas 6 diberikan jadwal bertugas sebagai muazin dan bilal secara bergantian, begitu pun yang bertindak selaku khatib dan imam, secara bergantian pula dilakukan oleh guru  pria di sekolah tersebut.

“Kadang khatib tidak hanya dari internal, tetapi mengundang dari luar sekolah seperti, para Kyai atau Ustadz dari sekitar sekolah,” terangnya.

Dilengkapi oleh Ambar Novitasari selaku GPAI lainnya, pelaksanaan rangkaian kegiatan salat Jumat dimulai  pukul 11.30 waktu setempat, diawali dengan pembacaan surah-surah pendek Alquran, dilanjutkan dengan kalimah thoyyibah asmaul husna, kemudian pengumandangan azan pertama dan kedua, khutbah,  salat Jumat berjamaah, serta zikir dan doa bersama.

“Anak-anak diperkenankan pulang atau meninggalkan sekolah setelah seluruh rangkaian salat Jumat selesai,” katanya.

Diungkap oleh Kepala Sekolah, Dian Nurwati,  salat Jumat merupakan salah satu kegiatan unggulan dari SDN Tawang Mas 01, karena tidak semua sekolah bisa menyelenggarakan salat Jumat di kampusnya sendiri. Ia bersyukur, salat Jumat yang dilaksanakan di sekolahnya mendapat respon positif dari masyarakat sekitar. “Kegiatan salat Jumat di SDN Tawang Mas 01 mendapatkan respon positif dan dukungan dari semua pihak, baik dari warga sekolah sendiri, wali murid, serta dinas dan masyarakat sekitar,” tuturnya.(Nurodin/Faojin/NBA/bd)