Kuatkan Moderasi Beragama, Kakankemenag Sampaikan Pesan Ini Kepada Guru MTs

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Guru madrasah diminta untuk menanamkan nilai-nilai toleransi di madrasah. Nilai-nilai penting untuk menjaga keutuhan NKRI di tengah keberagaman masyarakatnya.

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, H. M. Kafit menyampaikan hal ini dalah kegiatan Pengembangan Profesi Keberlanjutan (PKB) yang digelar pada Selasa (5/9/2023) di Sarine, Sluke. Kafit menyampaikan, guru madrasah diminta turut serta mengimplementasikan Penguatan Moderasi Beragama sebagai salah satu program prioritas Kementerian Agama.

“Moderasi agama sangat penting untuk mewujudkan kondusivitas suatu daerah yang masyarakatnya beragam. Seperti kita jumpai di Lasem dan Rembang. Masyarakatnya terdiri atas beragam agama. Walaupun kita muslim, namun harus mampu hidup rukun berdampingan dengan non muslim,” kata Kafit.

Selain Kakankemenag, turut bertindak sebagai narasumber yaitu Pengawas madrasah Tasi’ah Khoiriyah dan Abdul Aziz. Tasiah menyampaikan materi Implementasi Kurikulum Merdeka. Disampaikan Tasi’ah, dalam IKM, guru harus merumuskan tujuan dan mendesain pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

“IKM adalah pembelajaran paradigma baru yang bukan berarti menghadirkan konsep dan prinsip pembelajaran yang sepenuhnya baru, namun lebih pada upaya untuk memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik,” jelas Tasi’ah.

Dijelaskan Tasi’ah, pada Kurikulum Merdeka, pendidik memiliki keleluasaan untuk merumuskan tujuan pembelajaran serta rancangan pembelajaran dan assesmen yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Sehingga, proses pembelajaran akan menjadi proses pembelajaran yang terbuka dan dinamis.

“Dengan begitu diharapkan peserta didik akan memiliki peluang untuk melakukan inisiatif, mempunyai suara dan kepemilikan terhadap proses pembelajaran serta memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik, baik kepada diri sendiri, peserta didik lainnya serta kepada pendidik,” jelasnya lanjut.

Sementara itu, Abdul Aziz memberikan materi tentang Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Acuan Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP).  — iq/bd